Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ombudsman Jawa Tengah Sebut Satpol PP Kudus Lakukan Maladminitrasi

0 226

MURIANEWS.com, Kudus – Ombudsman perwakilan Jawa Tengah menyebut ada dugaan maladminitrasi yang dilakukan oleh Kepala Satpol PP Kabupaten Kudus. Ombudsman menilai Satpol PP Kudus lalai dalam menegakan perda.

Plt Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah, Sabarudin Hulu mengatakan, hari ini pihaknya menyerahkan laporan akhir hasil temuan dugaan maladministrasi kepada pemerintah Kabupaten Kudus.

”Intinya, Ombudsman Jateng menemukan terjadi maladminitrasi yang dilakukan oleh Kepala Satpol PP Kudus. Dia tidak melakukan penegakan perda tentang izin pendirian bangunan yang nyata-nyata belum memiliki IMB,” katanya saat ditemui disela-sela kunjungannya di Kudus, Kamis (11/7/2019).

Ia menyebutkan, salah satu maladministrasi yang dilakukan adalah penindakan terhadap tower yang terletak di Desa Golantepos, Kecamatan Mejobo. Tower tersebut diketahui sudah beroperasi sejak tahun 2014. Padahal, tower yang dimiliki oleh PT Protelindo itu belum memiliki izin pendirian bangunan.

“Akhirnya perda retirbusi IMB terkait izin mendirikan bangunan tidak digubris oleh pihak PT Protelindo. Padahal mereka (Satpol PP) tahu itu tak berizin,” jelasnya.

Dari situ, Ombudsman Jateng melakukan penindakan berupa tindak koreksi kepada Kasatpol PP Kabupaten Kudus. Salah satunya, meminta kepada Kasatpol PP untuk melakukan pembongkaran tower tersebut.

“Ya kami minta dilakukan pembongkaran tower,” tegasnya.

Untuk menindaklanjuti hal tersebut, pihaknya memberi tengat waktu 14 hari kepada Pemkab Kudus untuk berkoordinasi dengan Ombudsman. Baru kemudian, dalam waktu 30 hari harus melaksanakan laporan yang diberikan oleh Ombudsman.

“Tadi dari Bupati Kudus dalam waktu sepekan ini dijanjikan sudah ada penindakan oleh Satpol PP Kabupaten Kudus,” pungkasnya.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.