MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

TPS Belum Buka, Ratusan Warga di Grobogan Sudah Antre Gunakan Hak Pilih di Pilkades

0 124

MURIANEWS.com, Grobogan – Antusias warga Grobogan untuk menggunakan hak pilihnya dalam Pilkades serentak tahap II boleh dibilang sangat tinggi, Rabu (10/7/2019). Indikasinya bisa dilihat dengan banyaknya warga yang sudah berdatangan meski Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pilkades belum dibuka.

Sesuai jadwal, pelaksanaan pencoblosan dimulai pukul 08.00-14.00 WIB. Meski demikian, banyak warga sudah berdatangan ke TPS mulai pukul 06.00 WIB. Mereka rela menunggu di luar pintu masuk TPS yang ditempatkan di balaidesa tersebut.

Kabag Pemerintahan Desa Mudzakir Walad menyatakan, dari pantauan yang dilakukan, partisipasi masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya pada Pilkades tahap II ini dinilai cukup tinggi.

Bupati Grobogan Sri Sumarni berfoto saat melakukan monitoring pelaksanaan Pilkades di sejumlah desa bersama pimpinan FKPD dan pejabat terkait, Rabu (10/7/2019). (MURIANEWS.com/Dani Agus)

”Dari pagi tadi kita sudah monitoring ke beberapa desa. Perkirakaan kami, partisipasi pemilih yang menggunakan hak pilihnya bisa sampai 80 persen. Untuk situasinya masih aman terkendali,” katanya.

Ia menyatakan, pelaksanaan Pilkades serentak tahap II dilangsungkan di 51 desa. Yakni, desa-desa yang masa jabatan kadesnya berakhir setelah bulan Maret hingga Desember 2019. Sementara pada Pilkades tahap I dilangsungkan di 222 desa yang pelaksanaannya dilakukan 22 November 2018 lalu.

Sementara itu, Bupati Grobogan Sri Sumarni meminta para calon kepala desa agar ikut menjaga suasana kondusif sesuai kesepakatan damai yang sebelumnya telah disepakati bersama. Selain itu, ia juga meminta para calon kades agar dapat berkompetisi secara sehat, serta siap kalah dan menang.

”Saya meminta, semua calon ikut menjaga suasana kondusif. Baik yang menang atau kalah harus bisa saling menghormati,” pesannya saat melakukan monitoring pelaksanaan Pilkades di sejumlah desa bersama pimpinan FKPD dan pejabat terkait.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.