Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

ABK KM Mina Rahayu Juwana Selamat Setelah 36 Jam Berenang di Laut

0 1.190

MURIANEWS.com, Pati – Peristiwa tenggelamnya kapal KM Mina Rahayu milik Samriyadi (36) warga Desa Bendar, Kecamatan Juwana, Pati, ternyata sangat dramatis dan mengenaskan. Bagaimana tidak para ABK kapal ini selama 36 jam terapung di laut dan harus menyelamatkan diri dengan berenang.

Ini diceritakan oleh Kasatpolair Polres Pati Iptu Sutamto, saat menanyai nahkoda kapal yang tenggelam di Perairan Laut Jawa 10 mil utara pulau Kangean Madura, Jawa Timur pada Minggu (7/7/2019).

Saat kapal mulai tenggelam para ABK langsung melompat dari kapal dan berenang. Mereka hanya mengandakan jaket pelindung yang diikat dengan tali.

Selama 36 jam mereka terapung sebelum diselamatkan para ABK kapal perikanan dari Tegal. “Itu merupakan waktu yang sangat lama. Apalagi posisi mereka terapung di lautan,” katanya.

Saat ini korban selamat, yakni 30 anak buah kapal KM Mina Rahayu yang tenggelam telah kembali ke Pati.

Pihaknya pun telah memintai keterangan terhadap awak buah kapal yang berhasil selamat dari kejadian nahas tersebut. Baik nahkoda, wakil nahkoda maupun ABK yang lainnya.

Dari keterangan yang dihimpun diketahui jika musibah itu terjadi lantaran kapal yang saat hendak berlabuh dihantam ombak besar.

“Nahkoda berupaya mengambil tindakan menyelamatkan kapal menuju pulau terdekat. Namun dalam pelayarannya gelombang kembali menghantam dari lambung kanan. Akibatnya air sempat masuk ke ruang mesin,” ujarnya.

Diduga akibat hantaman itu membuat papan lambung kapal ada yang terlepas, sehingga air masuk dan memenuhi ruang mesin.

Baca: Kapal Milik Warga Juwana Tenggelam di Perairan Madura, 1 Pelajar Magang Hilang

Hal itu pulalah yang menyebabkan mesin kapal mati. Mendapati kondisi tersebut, nahkoda segera memerintahkan semua ABK untuk peran penyelamatan dengan menggunakan life jacket dengan diikat dengan tali.

“Mereka sempat berenang hingga 36 jam. Sejak Jumat (5/7/2019) hingga Minggu (7/7/2019) sekitar pukul 09.00. Itupun setelah ada kapal cumi KM Putri yang datang memberikan pertolongan. Hanya saja setelah berhasil diselamatkan itu baru diketahui jika ada seorang siswa praktik atau kadet yang belum diketemukan,” terangnya.

Mendapati hal tersebut upaya pencarian pun dilakukan. Sementara untuk ABK yang berhasil diselamatkan kemudian dijemput dengan kapal pengangkut KM Lancar Mina Sakti yang memang berencana mengirim perbekalan tambahan ke KM Mina Rahayu.

Korban selamat itu sendiri kemudian dibawa ke Pebuhan Juwana dan dimintai keterangan di Satpolair Polres Pati.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.