Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kondisi Tanah Labil, Pembangunan Unit Pengolahan AMDK PDAM Grobogan Tertunda

0 76

MURIANEWS.com, Grobogan – Rencana Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Purwa Tirta Dharma Grobogan untuk membuat unit usaha baru, yakni pengolahan air minum dalam kemasan (AMDK) tertunda untuk sementara waktu. Penyebabnya, tanah yang akan dipakai untuk tempat pengolahan AMDK kondisinya labil sehingga cukup menyulitkan untuk mendirikan bangunan diatasnya.

Sesuai rencana awal, unit usaha AMDK ini akan ditempatkan di kompleks Instalasi Pengolahan Air (IPA) PDAM di jalan MH Thamrin Purwodadi.

Direktur PDAM Purwa Tirta Dharma Grobogan Bambang Pulunggono menyatakan, proses pembangunan unit pengolahan sebenarnya sudah dimulai sejak pertengahan Maret lalu. Namun, prosesnya untuk sementara tertunda karena kondisi tanah labil.

“Terkait kondisi ini, kami sudah meminta kajian pada tim dari Universitas Diponegoro. Saat ini, kami masih menunggu hasilnya,” katanya.

Bambang menjelaskan, dalam pembuatan unit usaha baru tersebut, pihak PDAM bekerjasama dengan pihak ketiga atau investor. Yakni, PT Banyu Pratama Nusantara. Model kerjasamanya, pihak ketiga akan membiayai investasi pembuatan usaha AMDK.

Setelah mencapai BEP dalam kurun waktu sekitar tujuh tahun, aset usaha nantinya akan diserahkan ke PDAM. Dalam kurun waktu tujuh tahun tersebut, PDAM juga akan mendapat pembagian keuntungan sekitar 10 persen.

Dalam proses produksi nanti, unit pengolahan AMDK hanya membutuhkan 2 liter perdetik air baku, sehingga tidak mengganggu pelayanan pada pelanggan PDAM. Pasalnya, saat ini PDAM mampu memproduksi air sebanyak 250 liter perdetik untuk dialirkan ke pelanggan.

“Keuntungan lain, setelah unit usaha ini jadi, nanti 30 karyawan PDAM langsung dialihkan untuk bekerja di sana. Hal ini, akan mengurangi beban kelebihan pegawai,” pungkasnya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.