MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

BPBD Minta Tambahan Dana Rp 400 Juta untuk Penanggulangan Bencana Kekeringan

0 27

MURIANEWS.com, GroboganBPBD Grobogan mengusulkan penambahan anggaran penanggulangan bencana kekeringan sebanyak Rp 400 juta melalui APBD perubahan 2019. Usulan tersebut sudah disampaikan pada Badan Anggaran DPRD Grobogan dalam pembahasan awal APBD Perubahan 2019 yang berlangsung dua hari lalu.

Kepala BPBD Kabupaten Grobogan Endang Sulistyoningsih mengatakan Rp 400 juta tersebut digunakan untuk menganggarkan bantuan air bersih pada desa yang terdampak bencana kekeringan. Penambahan anggaran diharapkan mampu memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat hingga Oktober.

“Sebelumnya, anggaran untuk penanggulangan bencana kekeringan yang dimiliki hanya Rp 47 juta. Anggaran sebesar ini hanya bisa digunakan untuk menyalurkan air bersih sekitar 230 tangki saja. Kemudian, BPBD mengajukan penggunaan dana tak terduga dari Bupati Grobogan sebesar Rp 330 juta,” katanya.

Endang menyebutkan, saat ini pihaknya sudah menyalurkan 115 tangki air bersih. Bantuan ini disalurkan ke 39 desa di 12 kecamatan yang terdampak kekeringan. Sementara jumlah desa yang terkena bencana sekitar 80 desa.

Sementara itu, Ketua DPRD Grobogan Agus Siswanto mengatakan, pada APBD Perubahan 2019 ini masih difokuskan pada peningkatan infrastruktur. Namun, bidang lain seperti pendidikan, pengentasan kemiskinan dan penanggulangan bencana tetap menjadi perhatian.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.