Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Nasib 437 Pegawai K-2 Jepara Lolos Passing grade PPPK Terkatung-katung

0 151

MURIANEWS.com, Jepara – Nasib 437 pegawai honorer K-2 di Jepara yang sudah dinyatakan lolos passing grade Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Febuari 2019 lalu, masih terkatung-katung. Mereka berharap bisa segera mendapatkan kepastian, setelah menjalani tes PPPK.

Ketua Forum Guru Tidak Tetap (FGTT) Jepara, Choerun Nasir menyatakan, sebagian besar pegawai K-2 yang lolos passing grade tes PPPK Jepara, adalah tenaga bidang pendidikan. Mereka mendominasi dari 437 orang yang dinyatakan lulus. Sebagian kecil lainnya berasal dari tenaga bidang teknis lainnya.

Sebelumnya, berdasarkan data pegawai K-2 Tahun 2014, jumlahnya 1.023 orang. Sebagian besar adalah guru, penjaga sekolah dan tenaga administrasi di bidang pendidikan. Jumlahnya mencapai 975 orang.

Sedangkan lainnya sebanyak  48 orang merupakan tenaga teknis di Disdukcapil, pariwisata, kecamatan, pasar dan Dinas Kominfo.

“Dari jumlah tersebut, kemudian pada Febuari 2019 lalu sebagian bisa ikut tes untuk menjadi PPPK. Tes ini dilaksanakan oleh Pemkab Jepara,” ujar Choerun Nasir, Selasa (9/7/2019).

Dari 1.023 orang tersebut, ada 653 orang yang bisa memenuhi syarat untuk bisa ikut tes PPPK. Dari 653 orang tersebut kemudian hanya 628 yang akhirnya ikut tes PPPK. Sedangkan 25 orang lainnya tidak ikut tes karena beberapa alasan.

Dari 628 yang ikut tes PPPK, sebanyak 437 dinyatakan lolos passing grade. Lalu 187 orang dinyatakan tidak memenuhi passing grade. Sedangkan 4 orang lainnya tidak hadir dalam tes.

“Mereka yang lolos passing grade, tentu saja berharap segera bisa menjalani pemberkasan. Kan sudah tiga bulan lebih sampai sekarang belum ada kejelasan. Informasinya karena belum ada juklak dan Juknisnya. Semua daerah juga menyatakan hal yang sama sejauh ini,” tambah Choerun Nasir.

Sementara itu Kepala BKD Jepara, Diar Susanto menyatakan, sampai saat ini memang belum ada informasi lebih lanjut mengenai proses perekrutan PPPK yang sudah dilaksanakan bulan Febuari lalu. Pihaknya masih menunggu kebijakan dari Kementrian PAN (Pendayagunaan Aparatur Negara) dan BKN (Badan Kepegawaian Nasional).

Di Jepara memang sudah ada ada 423 orang yang dinyatakan lolos passing grade untuk PPPK pada Febuari lalu. Jumlah tersebut menurutnya sama sekali bukan menjadi bagian dari rencana perekrutan CPNS dan PPPK 2019, yang rencananya akan dilakukan pemerintah pada Oktober 2019 mendatang.

“Kami masih menunggu juknis dan juklak soal ini. Kami minta kawan-kawan bersabar. Semua daerah juga masih menunggu kebijakan dari pemerintah pusat. Jadi tidak hanya di Jepara saja,” pungkasnya.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.