Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ditarget Rp 6,7 Miliar, PAD dari Sektor Perikanan Pati Baru Capai 53,19 Persen

0 36

MURIANEWS.com, Pati – Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor perikanan di Pati, sampai saat ini baru mencapai 53,19 persen atau Rp 3,564 miliar. Padahal target yang ditetapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati mencapai Rp 6,7 miliar.

Kabid Pembinaan dan Pengelolaan TPI (P2TPI) Pada Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislautkan) Pati, Dwi Endang Subekti mengatakan, jumlah PAD sementara itu adalah dari delapan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang ada di Pati.

Menurutnya, pendapatan yang paling besar adalah dari TPI II Juwana dengan retribusi sebanyak 85 persen. Sementara dari TPI I Juwana baru sebanyak 10 persen.

“Lima persen lainnya adalah dari TPI kecil-kecil yang ada di Pati,” katanya saat ditemui di kantornya, Selasa (9/7/2019).

Meski demikian, pihaknya mengaku tetap yakin bakal memenuhi target PAD sebanyak Rp 6,7 miliar itu. Hanya saja, memang dibutuhkan tenaga ekstra, lantaran sektor perikanan tidak mesti ramai.

Endang juga mengatakan, saat ini banyak para nelayan yang baru berangkat melaut. Sehingga, proses pelelangan pun sepi. Paling hanya ada beberapa kapal maupun dari cold storage yang dilelang.

“Yang namanya lelang itu kan tergantung seberapa banyak tangkapan nelayan. Kalau nelayan baru berangkat melaut, tentu tidak ada ikan yang bisa dilelang. Paling-paling yang dari cold storage, itu pun tidak seberapa,” ungkapnya.

Lebih lanjut, diakui saat ini memang musim paceklik ikan. Namun pada triwulan ketiga atau Oktober-November 2019 mendatang, pelelangan di TPI akan kembali ramai.

“Kalau sudah masuk di bulan itu, para nelayan akan pulang dengan membawa tangkapan yang banyak. Ikan yang dilelang juga akan banyak,” pungkasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.