Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bupati Laporkan Pengelolaan Keuangan Kabupaten Kudus Tahun 2018, Ini Besarannya

0 77

MURIANEWS.com, Kudus – DPRD Kudus menggelar rapat Paripurna di Gedung DPRD Kudus, Senin (8/7/2019). Dalam agenda rapat tersebut, penjelasan Bupati Kudus terhadap ranperda tentang pertanggung jawaban pelaksana anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kudus tahun 2018.

Pada kesempatan itu, Bupati Kudus H.M Tamzil yang didampingi Wakil Bupati Kudus HM Hartopo menyampaikan terkait dengan pengelolaan keuangan daerah Kabupaten Kudus tahun 2018. Untuk pengelolaan pendapatan daerah tahun 2018 ditetapkan sebesar Rp 2,016 triliun. Dalam pelaksanaanya terealisasi sebesar Rp 1,99 triliun atau 99,02 persen dari target.

”Kemudian belanja dan transfer daerah tahun 2018 ditetapkan sebesar Rp 2,147 triliun teralisasi 1,957 triliun atau 91,17 persen dari target yang ditetapkan,” katanya.

Selanjutnya, untuk belaja modal dianggarkan sebesar Rp 437,020 miliar, hanya terealisasi mencapai Rp 377,57 miliar atau terealisasi 86,40 persen. Sedangkan, untuk belanja tak terduga dianggarkan sebesar Rp 1,50 miliar ada tahun 2018 sama sekali tidak digunakan karena tidak ada bencana di Kudus.

“Lalu untuk surplus atau defisit anggaran realisasi pendapatan daerah Rp 1,99 triliun dibandingkan dengan realisasi belanda daerah sebesar Rp 1,95 triliun. Maka pada tahun 2018 terdapat surplus anggaran sekitar Rp 38,828 miliar,” ungkapnya.

Oleh karena itu, Tamzil berharap secara khsusu kepada segenap pimpinan DPRD Kudus dan anggota DPRD Kudus untuk melakukan pembahasan sesuai dengan kewenangan dan batas waktu yang ditentukan dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Demikian penjelasan kami secara garis beras terhadap ranperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kabupaten Kudus anggaran 2018. Selanjutnya setelah selesai dibahas untuk segera ditungkan dalam persetujuan DPRD Kudus yang nantinya untuk ditetapkan sebagai peraturan daerah Kabupaten Kudus,” tandasnya.

Ketua DPRD Kudus Ahmad Yusuf Roni mengatakan, terima kasih atas kerja keras Pemkab. ”Terimakasih untuk kinerja pemkab,” katanya.

Untuk selanjutnya, agenda rapat dilanjutkaan penyampaian Bupati Kudus dilakukan pandangan oleh para fraksi DPRD Kudus.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.