Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Sempat Turun Hujan, Droping Air BPBD Grobogan Dilanjut

MURIANEWS.com, GroboganMeski sudah sempat turun hujan deras di sejumlah kecamatan pada Kamis (4/7/2019) kemarin, namun pihak BPBD Grobogan masih tetap meneruskan kegiatan droping air bersih ke daerah bencana kekeringan.

“Memang kemarin sudah turun hujan. Namun, kegiatan droping tetap jalan karena masih ada permintaan,” kata Kepala BPBD Grobogan Endang Sulistyoningsih, Jumat (5/7/2019).

Menurutnya, dari laporan yang diterima hujan yang turun kemarin belum merata ke seluruh wilayah Grobogan. Oleh sebab itu, di sejumlah desa kondisinya masih membutuhkan air bersih.

Sudah turunnya hujan memang cukup membantu mengatasi kesulitan warga mendapatkan air bersih. Sebab, air hujan bisa ditampung dalam sumur atau sekedar untuk minum ternak. Namun, curah hujan ini belum bisa menghentikan bencana kekeringan yang sudah menjangkau 78 desa di 11 kecamatan itu.

“Selama masyarakat masih membutuhkan, kami akan kirimkan air bersih. Hari ini tadi, kita masih kirimkan bantuan air bersih,” sambungnya.

Endang mengatakan, pihaknya sudah mulai menyalurkan bantuan air bersih sejak Jumat (21/6/2019) lalu. Penyaluran bantuan perdana ditujukan ke Desa Teguhan dan Rejosari di Kecamatan Grobogan. Masing-masing desa tersebut mendapatkan bantuan air bersih sebanyak 3 tangki berkapasitas 4.000 liter.

Dalam penyaluran bantuan air bersih ini, pihaknya memiliki anggaran sekitar Rp 47 juta. Dana sebanyak ini hanya bisa digunakan untuk menyalurkan bantuan sekitar 236 tangki saja. Penyaluran bantuan air bersih dilakukan bekerjasama dengan PDAM Grobogan.

“Anggaran sebesar ini tentunya belum bisa mencukupi. Nantinya, kita akan mintakan penambahan anggaran melalui pos dana tak terduga. Hingga hari ini, total bantuan air bersih yang sudah tersalurkan sekitar 100 tangki,” katanya.

Dalam penyaluran bantuan air bersih itu pihaknya juga mendapat dukungan dari PMI dan Dinas Sosial Grobogan. Endang juga berharap ada dukungan dari berbagai pihak lainnya. Seperti instansi swasta, BUMD, dan perusahaan yang ada di Grobogan.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...