Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Peternak Ayam di Pati Desak Pemerintah Stabilkan Harga 

0 91

MURIANEWS.com, Pati- Anjloknya harga ayam potong di tingkat peternak, menjadi permasalahan tersendiri. Apalagi, harga di pasaran masih tetap stabil dan cenderung naik.

Imbasnya, banyak peternak mandiri yang rugi hingga puluhan juta rupiah dan lebih memilih membagi-bagikan ayamnya ke masyarakat secara gratis.

Meski demikian, hal itu tidak membuat harga ayam potong di peternak membaik. Kandang yang semula penuh ayam, saat ini sudah dikosongkan.

Sarwi, salah satu peternak mandiri di Desa Banyuurip, Kecamatan Margorejo, Pati, mengaku belum tahu secara pasti penyebab turunnya harga ayam potong tersebut. Tetapi, dirinya berharap hal itu tidak berlangsung lama.

“Kalau harga turun memang sudah sering, tetapi ini yang paling parah. Semoga harganya tidak separah inilah,” katanya.

Dia juga berharap agar pemerintah bisa menstabilkan harga ayam potong, terutama pembelian di tingkat peternak. Menurutnya, harga yang stabil tidak akan membuat peternak merugi.

Selain itu, lanjutnya, dengan adanya patokan harga jual maupun harga beli, oknum yang tidak bertanggung jawab tidak bisa sembarangan mempermainkan harga. Peternak pun akan lebih nyaman dalam membudidayakan ayam potong itu.

“Saya harap supaya pihak pemerintah secepatnya bisa menstabilkan harga jual ayam pedaging, khususnya peternak mandiri. Sehingga peternak mandiri tidak mengalami gulung tikar,” harapnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.