Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Borobudur, Candi Kebanggaan Indonesia yang Patut Dikunjungi

0 211

MURIANEWS.com – Candi Borobudur memang menyimpan segudang misteri yang tercermin dalam bangunannya yang megah. Siapapun pasti akan terpana melihat kemegahan bangunan candi yang berada di Indonesia ini.

 

Lokasi Borobudur

Candi Borobudur berlokasi di Jl. Badrawati, kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

 

Hal Menarik Tentang Borobudur

Bukan rahasia lagi, Borobudur memang sebuah candi yang luar biasa menakjubkan. Dilihat dari nilai sejarahnya yang sebagian masih menjadi misteri, ditambah lagi dengan berbagai mitos yang beredar seperti konon katanya candi ini dibangun oleh Gunadharma.

Sedangkan Gunadharma sendiri dipercaya berubah wujud menjadi Bukit Menoreh yang menjadi salah satu bagian background pemandangan alam sekitar Borobudur. Hal ini dikarenakan Bukit Menoreh memiliki bentuk seperti orang berbaring.

Borobudur juga memiliki nilai sejarah yang tinggi dan disucikan oleh agama Buddha. Serta dianggap sebagai kuil terbesar yang ada di Indonesia, bahkan di dunia. Terbukti dari perayaan Waisak terbesar di Indonesia memang selalu dilakukan di candi ini.

Akan ada serangkaian acara seremonial yang mampu menjadi daya tarik para wisatawan, baik lokal maupun internasional. Setiap perayaan Waisak berlangsung akan diakhiri dengan diterbangkannya ratusan bahkan ribuan lampion ke udara sehingga menciptakan pemandangan yang luar biasa.

Borobudur juga menjadi lokasi yang bagus untuk menikmati sunset dan juga sunrise. Apalagi dengan segala pahatan relief dan cerita yang terkandung didalamnya membuat Borobudur ini sering dijadikan lokasi wisata edukasi bagi pelajar.

 

Rute dan Akses Menuju Candi Borobudur

Bagi Anda yang berniat untuk mengunjungi Borobudur, Anda bisa menempuh beberapa rute baik dengan kendaraan pribadi seperti sepeda motor atau mobil maupun dengan angkutan umum. Rute dari Yogyakarta adalah sebagai berikut :

Dengan Kendaraan Pribadi

Dari Terminal Jombor mengarah ke utara hingga sampai di Kota Magelang, saat sampai di Tugu Bambu Runcing Muntilan, terdapat pertigaan Muntilan Kidul belok ke kiri menuju Borobudur.

Dengan Angkutan Umum

  • Dengan Bus

Pergilah ke terminal bus Jombor, lalu pilih bus jurusan Borobudur.

  • Dengan Trans Jogja

Dari pusat kota Yogyakarta, pilih Trans Jogja jurusan Terminal Jombor, lalu menyambung dengan menaiki bus.

  • Dengan Bus Damri

Dari Bandara Adi Sucipto pilih bus Damri jurusan Borobudur.

Ketiga jenis transportasi ini biasanya akan membawa Anda sampai ke Terminal Borobudur, kemudian setelah itu untuk menuju ke area candi Anda bisa menggunakan becak maupun berjalan kaki.

 

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Sebelum berkunjung ke Borobudur, Anda wajib tahu tentang jam buka serta berapa kisaran biaya tiket masuknya. Untuk lebih jelasnya, perhatikan informasi berikut ini.

  • Jam Buka

Borobudur buka setiap hari mulai pukul 6 pagi hingga 5 sore. Setelah jam itu pengunjung dilarang masuk. Namun pada hari – hari tertentu, Borobudur juga dibuka sampai malam. Misalnya saja pada saat perayaan Waisak.

  • Harga Tiket Masuk

Mengenai harga tiket masuknya sendiri terbilang beragam, tergantung pada usia dan jenis wisatawannya.Untuk anak usia 3 – 10 tahun dikenakan harga tiket masuk sekitar Rp. 20.000 sedangkan untuk usia diatas 10 tahun dikenakan harga tiket masuk sekitar Rp. 40.000. Kedua harga tersebut berlaku untuk wisatawan lokal. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara harganya akan lebih mahal.

Selain itu, untuk tour rombongan dengan minimal peserta berjumlah 20 orang, dikenakan biaya sekitar Rp. 20.000. Apabila Anda ingin melihat Borobudur Sunrise tiketnya dijual dengan kisaran harga Rp. 35.000/orang. Harga-harga tersebut merupakan harga tiket masuk pada hari biasa. Namun, ketika high season dan libur lebaran biasanya harga tiket akan naik.

 

Borobudur memang masih menjadi pilihan wisata andalan bagi masyarakat Indonesia. Karena memang sepatutnya warga Indonesia bangga telah memiliki bangunan yang menjadi salah satu keajaiban dunia, kuil Budha terbesar di dunia sekaligus dinobatkan sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO.

Bagi Anda yang berdomisili jauh dari Borobudur, tak perlu merasa khawatir karena candi ini berdekatan dengan banyak sekali penginapan yang bisa disewa untuk menginap. Apalagi banyak juga travel tour yang menawarkan city tour Jogja, baik hanya menawarkan wisata ke Candi Borobudur saja maupun mengkombinasikannya dengan tempat wisata lain yang ada di sekitar Candi Borobudur ini.

Tak perlu bingung lagi ketika berlibur ke Jogja karena Kota Gudeg ini memiliki segudang pilihan destinasi wisata terbaik di mana salah satunya yaitu Candi Borobudur. Jadi tunggu apalagi? Segera kunjungi Borobudur sekarang juga. (*)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.