Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Porkab Jepara 2020, Atlet Skala Regional Hingga Internasional Bakal Dilarang Ikut

0 49

MURIANEWS.com, Jepara- Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jepara mulai melakukan persiapan untuk menggelar Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Jepara. Rencananya even ini akan digelar pada 2020 mendatang.

Ketua KONI Jepara, Sutedjo SS., menyatakan gelaran Porkab merupakan even empat tahunan. Untuk tahun 2020 rencananya ada beberapa kebijakan yang akan diambil untuk bisa lebih memberi arah yang jelas bagi usaha pembinaan atlet.

Kebijakan tersebut di antaranya adalah kemungkinan dilakukannya pembatasan usia atlet. Kemudian juga pembatasan penggunaan atlet-atlet berprestasi dari masing-masing kontingen peserta.

“Dari evaluasi pelaksanaan Porkab sebelumnya, ada beberapa kebijakan baru yang akan diterapkan. Muaranya adalah untuk lebih mempertajam usaha pembinaan atlet dan bibit atlet,” ujar Sutedjo SS, Jumat (5/7/2019).

Pembatasan usia misalnya, diharapkan bisa membuat semua kontingen yang ikut bisa lebih fokus pada pembinaan atlet yang berpotensi mencetak prestasi. Sehingga atlet-atlet yang muncul bisa dikembangkan untuk berprestasi di kancah yang lebih tinggi.

Larangan terhadap atlet yang sudah memiliki prestasi regional, nasional dan bahkan internasional, juga diarahkan untuk memberi kesempatan bagi bibit baru. Pada pelaksanaan Porkab sebelumnya, atlet-atlet dengan prestasi berskala atas selalu mendominasi.

“Atlet yang sudah berprestasi lebih di tingkat regional, nasional dan internasional tentu saja tetap akan diperhatikan. Di arena Porkab, kami kira mereka sudah tidak level lagi. Sehingga lebih baik diberikan kesempatan bagi bibit-bibit atlet yang baru,” tambahnya.

Dalam waktu dekat semua Pengcab (Pengurus Cabang) olahraga akan diberikan sosialisasi mengenai rencana ini.

KONI Jepara sendiri, saat ini sudah menunjuk Wakil Ketua KONI Jepara, Haryanto menjadi Ketua Panpel Porkab Jepara 2020. Selanjutnya akan disusun kepanitiaan untuk kegiatan ini.

“Kepanitiaan akan segera kami susun, setelah mendapatkan mandat. Nanti akan kami bahas secara mendetail mengenai semua hal yang berhubungan dengan masalah ini,” kata Haryanto.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.