Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Foto Pernikahan Viral Ini Ternyata Orang Jepara, Bukan Nenek yang Kawini Remaja di Pati

MURIANEWS.com, Pati – Rencana pernikahan seorang nenek berusia 58 tahun bernama Sutasmi warga  Desa Jepat Lor, Kecamatan Tayu, Pati dengan remaja berusia 19 tahun Dwi Purwanto warga Desa Bulumanis Kidul, Kecamatan Margoyoso, Pati, ramai diperbincangkan di media sosial. Pernikahan mereka pun batal di hari H, meski pasangan ini sudah berada di KUA Tayu.

Selain itu muncul dua foto yang beredar yang diduga sebagai pasangan tersebut. Satu foto tergambar ada seorang remaja dan seorang nenek duduk lesehan di hadapan penghulu, dan satu foto lagi laki-laki dan perempuan yang mengenakan gaun pengantin.

Pasangan dalam dua foto ini awalnya oleh netizen dikira merupakan Sutasmi dan Dwi Purwanto. Terlebih ada oknum tak bertanggungjawab yang menjejerkan dua foto itu dalam satu bingkai dan menyebarkannya ke media sosial.

Sehingga menyulut perhatian warganet dan mengira bahwa foto pernikahan itu adalah nenek dan remaja yang viral di Pati.

Dari penelusuran MURIANEWS.com Kamis (4/7/2019), foto pasangan yang duduk itu diketahui memang foto Sutasmi dan Dwi Purwanto di KUA Tayu. Namun pernikahan mereka batal, karena orang tua mempelai laki-laki tidak setuju.

Sementara foto yang mengenakan gaun pengantin itu bukanlah foto nenek yang hendak menikah dengan pemuda di Pati.

Melainkan, itu adalah foto sepasang pengantin dari Desa Jambu, Kecamatan Mlonggo, Jepara. Hanya saja, dalam foto itu, wajah keduanya memang nampak mirip.

Foto sepasang pengantin itu adalah Khalimah dan Mujib yang melangsungkan pernikahan pada 1 Juni 2019 lalu.

Khalimah merupakan warga Desa Jambu, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara. Sementara Mujib merupakan warga Desa Guyangan, Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara.

Saat dikonfirmasi, Khalimah mengaku tidak tahu terkait foto pernikahannya yang viral di dunia maya.

“Saya enggak tahu bagaimana awalnya. Tahu-tahu foto itu tersebar dengan keterangan yang tidak semestinya. Saya awalnya tahu dari teman. Saya kaget, syok, dan malu sama teman-teman,” ucap Khalimah lirih, ketika dihubungi via telepon, Kamis (4/7/2019).

Khalimah menjelaskan, foto itu diambil dalam acara pernikahan di kediamannya, 1 Juli 2019. Dia menduga, yang menyebarkan foto itu adalah fotografer pernikahannya.

Namun, kemudian ada warganet yang menyalahgunakannya. Mengaitkannya dengan berita mengenai rencana pernikahan Sutasmi dan Dwi Purwanto yang kemudian batal.

“Saya disamakan dengan ibu-ibu dalam foto satunya. Padahal faktanya bukan begitu,” ujarnya.

Sementara Sapto Edi, fotografer dalam pernikahan Khalimah dan Mujib, mengaku tidak mempunyai foto tersebut. Bahkan dirinya juga tidak tahu kalau foto itu sudah tersebar di dunia maya dan disamakan dengan calon pengantin nenek dan remaja dari Pati itu.

“Sumpah demi Allah saya tidak tahu foto itu (foto sepasang pengantin). Saya juga tidak pernah mengunggah foto pernikahan Khalimah di medsos,” katanya.

Sementara Mujib menambahkan, dia dan istrinya tidak mau memperpanjang urusan. Sebagaimana sang istri, ia meyakini Tuhan akan memberi keadilan.

“Lebih baik aku biarkan. Itu terserah orang-orang. Mungkin ada yang ingin mencari keuntungan dengan cara seperti itu,” pungkasnya.

Berita ini juga sekaligus meralat berita sebelumnya yang memasang foto pernikahan Mujib dan Khalimah dalam berita rencana pernikahan Sutasmi dan Dwi Purwanto (Geger Nenek 58 Tahun Kawini Pemuda 19 Tahun di Pati, Ternyata Begini Faktanya).

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...