Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Kantor BPBD Grobogan Bakal Dilengkapi Pusat Pengendali Operasi

MURIANEWS.com, Grobogan – Kantor BPBD Kabupaten Grobogan bakal memiliki sarana baru pada tahun 2019 ini. Yakni, gedung Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) penanggulangan bencana yang pembangunannya sudah dimulai sejak beberapa pekan lalu. Gedung Pusdalops tersebut dibangun di komplek kantor BPBD dengan anggaran APBD senilai Rp 400 juta.

Kepala BPBD Grobogan Endang Sulistyoningsih mengatakan, setelah pembangunan selesai, dalam gedung Pusdalops nanti akan dilengkapi beragam peralatan. Di mana, peralatan tersebut merupakan bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang nilainya sekitar Rp 1,5 miliar.

“Untuk bisa mendapatkan bantuan peralatan dari BNPB ada persyaratannya. Salah satunya adalah punya tempat khusus untuk Pusdalops. Sejauh ini, baru beberapa kota/kabupaten di Jawa Tengah yang sudah punya Pusdalops ini,” katanya, Kamis (4/7/2019).

Menurut Endang, Pusdalops ini memiliki peranan penting dan menjadi garda terdepan untuk menggali informasi di daerah terdampak. Selain memantau bencana di wilayah Grobogan, Pusdalops ini juga mampu melihat laporan bencana di daerah lain. Bahkan, dari tempat ini dapat memantau kondisi cuaca atau gunung berapi di seluruh Indonesia. Dengan demikian dapat diambil langkah penanganan yang cepat jika terjadi bencana.

 

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...