Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Dian Kristiandi Diperkirakan Kembali Pimpin PDIP Jepara

0 174

MURIANEWS.com, Jepara – Berkurangnya jumlah kursi DPRD yang diraih PDI Perjuangan Jepara pada Pemilu 2019 ini, menjadi salah satu isu penting menjelang Konfercab PDIP Jepara. Konfercab PDI P se-Jawa Tengah, rencananya akan digelar pada 14 Juli 2019 ini di Semarang. Langkah ini dilakukan menyusul rencana akan digelarnya Kongres V PDI P di Bali.

Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Jepara, Junarso menyatakan pihaknya sudah menggelar Rakercab pada 24 Juni 2019 lalu. Dalam Rakercab tersebut sudah muncul 8 nama calon Ketua DPC PDIP yang akhirnya disampaikan ke DPP melalui DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah.

Ke-8 nama yang sudah dimunculkan tersebut adalah Dian Kristiandi (ketua incumbent), Junarso, Dul Khalim, Yuni Sulistyo, Sutrisno, Saiful Abidin, Nurkholish dam H. Thoyib. Semua sudah disampaikan ke DPP dan tinggal menunggu siapa yang akan ditunjuk. Dalam hal ini DPC PDIP Jepara hanya dalam posisi menunggu keputusan DPP PDI P saja.

“Mekanisme yang berlaku di PDI P memang seperti itu. Jadi PAC hanya berhak mengajukan nama-nama calon. DPD PDIP Jawa Tengah dan DPP PDIP sendiri juga mempunyai hak untuk mengajukan calon. Nanti DPP PDI P yang akan memutuskan, dan kami melaksanakannya,” ujar Junarso, Rabu (3/7/2019).

Mengenai merosotnya jumlah kursi yang diperoleh PDIP untuk DPRD Jepara, menurut Junarso, hal itu menjadi kewenangan DPP untuk menyikapinya. Evaluasi tentu saja akan dilakukan terhadap hal ini. Namun semua berada di wilayah kewenangan DPD dan DPP PDI Perjuangan sendiri.

Sementara itu, secara terpisah, Ketua PAC PDI P Jepara Kota, Anton Muji Priyanto menyatakan, dari hasil Rakercab PDI P Jepara, 24 Juni 2019, dukungan terhadap Dian Kristiandi tetap masih besar. Terlepas dari hasil Pemilu 2019 di Jepara, Dian Kristiandi masih tetap menjadi calon kuat Ketua DPC PDIP Jepara.

Sebanyak 9 PAC dari 16 PAC yang ada, mengajukan secara tunggal nama Dian Kristiandi, di arena Rakercab lalu. Sementara dua PAC lainnya mengajukan nama Dian Kristiandi bersama dua nama calon lainnya.

Selanjutnya secara keseluruhan akhirnya muncul 8 nama calon ketua DPC yang dikirim ke DPP PDIP Jepara.

“Sesuai dengan aturan yang ada, nanti DPP akan menunjuk personalia kepengurusan sekurang-kurangnya Ketua, Sekretaris dan Bendahara. Sisanya akan diisi dengan melalui sistem formatur yang akan dibentuk,” ujar Anton Muji Priyanto.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.