MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

PPP Dipastikan Kembali Kuasai DPRD Jepara, Menantu Bupati Raih Suara Terbanyak ke-4

0 249

MURIANEWS.com, Jepara – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jepara akhirnya menetapkan jumlah perolehan kursi hasil Pemilu 2019 untuk DPRD Jepara. Rapat penetapan dilaksanakan KPU Jepara dilakukan di Hotel D’season Jepara, Rabu (3/7/2019).

Sesuai dengan hasil penghitungan yang dilakukan, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) berhasil kembali menguasai parlemen di Jepara.

PPP yang sebelumnya pernah menjadi parpol pemilik kursi terbanyak di DPRD Jepara, dalam dua Pemilu sebelumnya sempat terseok. Namun pada Pemilu 2019 ini mereka akhirnya mampu mengambil supremasi atas PDI Perjuangan.

PPP dipastikan mendapatkan 10 kursi dan menjadi yang terbesar di DPRD Jepara. PDI Perjuangan Jepara yang dalam dua Pemilu sebelumnya selalu unggul, akhirnya harus puas di urutan kedua dengan 8 kursi, yang berarti ada penurunan 2 kursi.

Sedangkan Nasdem kembali menjadi kuda hitam dan berhasil mendapatkan 7 kursi. Satu partai lainnya, PKB berhasil mencatat hasil cukup siginifikan dengan memperoleh 6 kursi.

Nasib sial harus dialami oleh Gerindra yang kali ini hanya mendapatkan 5 kursi. Padahal di Pemilu sebelumnya Gerindra berhasil meraih 8 kursi.

Ketua KPU Jepara, Subchan Zuhrie menyatakan, setelah penetapan dilakukan, maka tahapan selanjutnya adalah menyampaikan hal ini ke Gubernur Jawa Tengah. Nantinya setelah mendapatkan pengesahan dari Gubernur Jawa Tengah, pelantikan anggota DPRD Jepara akan dilakukan.

“Kami perkirakan pada pertengahan Agustus nanti, pelantikan anggota DPRD Jepara yang baru sudah bisa dilaksanakan. Kami kini akan menyampaikannya terlebih dulu ke Gubernur Jawa Tengah,” ujar Subchan Zuhrie, Rabu (3/7/2019).

Berdasarkan hasil penghitungan jumlah kursi DPRD Jepara, pada tahun ini komposisi yang duduk di Taman Sari Jepara akan diisi oleh muka lama dan muka baru. Persentase muka lama dan muka baru, bisa dikatakan imbang.

Anggota DPRD Jepara yang berjumlah 50 orang, akan diisi oleh 26 orang muka lama dan 24 orang muka baru. Dari jumlah tersebut sebanyak 43 orang merupakan laki-laki dan 7 orang perempuan.

“Kalau dipersesntase, anggota DPRD Jepara yang new comer mencapai 48 %, sementara incumbent persentasenya 52%. Tapi kami kira ini sudah bisa dikatakan cukup imbanglah, antara yang baru dengan yang lama,” tambah Subchan Zuhrie.

Sementara itu, ada 4 orang caleg yang berhasil mendapatkan suara besar di Pemilu 2019 ini. Suara terbanyak diperoleh Hadi Patenak (Nasdem), dengan perolehan sebanyak 10.716 suara. Jumlah ini unggul tipis atas jumlah suara yang diraih M. Latifun sebanyak 10.413 suara.

Ketua DPC PKB Jepara, KH. Nurudin Amin menjadi caleg terpilih dengan jumlah suara terbanyak ke-3 se-Jepara. Jumlah suaranya mencapai 9.720 suara.

Sedangkan menantu Bupati Jepara (nonaktif) Marzuqi, Haizul Ma’arif menjadi yang ke-4 dalam daftar perolehan suara terbanyak. Jumlah suaranya mencapai 9.444 suara.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.