Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tarik Investor, Pemkab Kudus Genjot Sektor Wisata

0 111

MURIANEWS.com, Kudus – Pemerintah Kabupaten Kudus tengah berupaya memaksimalkan sektor pariwisata di Kota Kretek untuk menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD). Salah satunya dengan memoles tempat wisata supaya bisa menarik investor lebih banyak.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Revly Subekti menjelaskan, Kudus sangat berpotensi jadi incaran investor jika sektor tersebut bisa dikembangkan secara maksimal.

“Sektor tersebut cukup diminati inverstor, tinggal digarap sungguh-sungguh,” kata Revly saat ditemui di ruangannya, Rabu (3/7/2019).

Beberapa potensi yang dicontohkannya yakni Kawasan Colo dengan Kopi Muria dan wisata religinya. Jika dikembangkan dengan baik, bukan tidak mungkin investor bakal melirik lokasi yang dirasa bagus tersebut.

“Selain sektor industri, sektor pariwisata mulai digemari oleh para investor,” lanjutnya.

Hanya, Revly menggaris bawahi beberapa hal, seperti adanya sosialisasi pada masyarakat sekitar. Dengan tujuan, saat investor telah menanamkan modal dan mulai pembangunan tidak terjadi kesalahpahaman dengan warga sekitar.

“Komunikasi dalam hal ini sangat diperlukan,” ucapnya.

Adanya revisi pada Peraturan Daerah (Perda) terkait hal ini juga sangat dimungkinkan. Semakin kompleks aturan, maka semakin baik penataannya. “Ada beberapa Perda yang bisa saja direvisi seperti Perda nomor 16 tahun 2012 tentang RTRW,” jelasnya.

Sementara Plt Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Kudus Kasmudi menyatakan siap memaksimalkan seluruh potensi yang ada. Gagasan integrated tourism pun bakal dimulai secepat mungkin.

“Wisata terintegrasi akan melibatkan Museum Patiayam, Bendungan Logung, dan Kawasan Wisata Colo,” ucapnya.

Advanture tourism akan diterapkan pada kawasan Patiayam dan Logung. Wisata jeep akan dikembangkan di dua tempat tersebut. Nantinya, jeep akan melalui jalan padas dan hutan di atas Perbukitan Patiayam di Desa Terban Kabupaten Kudus.

“Kami gagas, revitalisasi Patiayam dan kawasan wisata Colo juga segera kami lakukan langkah awalnya,” tandas Kasmudi.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.