Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Hakim Lasito Sempat Minta Rp 1 Miliar ke Bupati Jepara, Suap Dibungkus Plastik Bandeng

0 379

MURIANEWS.com, Semarang – Hakim Pengadilan Negeri (PN) Semarang, Lasito ternyata sempat meminta uang sebesar Rp 1 miliar kepada Bupati Jepara (nonaktif) Ahmad Marzuqi. Uang itu untuk mengabulkan permohonan praperadilan penetapan Marzuqi sebagai tersangka korupsi bantuan parpol oleh Kejati Jateng.

Namun akhirnya disepakati uang yang akan diberikan sebesar Rp 700 juta. Hal ini terungkapdalam sidang di Pengadilan Tipikor Semarang, Selasa (2/7/2019).

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Ariawan Agustiartono menyebut, Lasito menerima suap dari Marzuqi sebesar Rp 500 juta dan 16 ribu dolar AS. Uang itu diberikan melalui suruhan Marzuqi di rumah Lasito di Laweyan, Kota Surakarta.

Uang suap dari Marzuqi kepada dibungkus dalam plastik bandeng presto yang ditujukan untuk mengelabui.

“Untuk mengelabui barang yang dibawa bukan uang, uang tersebut dimasukkan dalam kantong plastik putih bertuliskan ‘Bandeng Juwana’ dan diletakkan satu kotak bandeng presto di atasnya,” katanya dilansir Antara.

Atas pemberian uang tersebut, lanjut dia, terdakwa Lasito akhirnya mengabulkan permohonan praperadilan yang diajukan Marzuqi yang menyatakan penetapan tersangka dalam kasus dugaan korupsi bantuan dana bantuan partai politik Kabupaten Jepara.

Baca juga:

Terdakwa Lasito menerima uang pemberian dari Bupati Ahmad Marzuqi pada 12 November 2017. “Pada 13 November 2017, terdakwa memutus permohonan praperadilan yang pada pokoknya pengabulkan permohonan pemohon,” ucapnya.

Selain itu, JPU juga menyebut jika Lasito diminta oleh Mantan Ketua PN Semarang Purwono Edi Santosa untuk membantu Marzuqi dalam sidang praperadilan tersebut. Purwono kemudian menunjuk Lasito sebagai hakim yang mengadili gugatan tersebut.

“Purwono meminta Lasito untuk membantunya jika memungkinkan. Yang dijawab (oleh Lasito) ‘dilihat dulu pembuktiannya di persidangan’,” katanya.

 

Penulis: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha
Sumber: Antara

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.