Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Harga Terpuruk, Peternak di Pati Bagikan Ayamnya Gratis ke Tetangga

MURIANEWS.com, Pati – Terpuruknya harga jual ayam potong, membuat peternak di Pati lebih memilih membagi-bagikan ayamnya secara gratis kepada warga sekitar. Alasanya, kalau dijual hasilnya tetap tak bisa menutup biaya operasional mauapun biaya pakan.

Sarwi, salah satu peternak mandiri di Desa Banyuurip, Kecamatan Margorejo, Pati salah satunya. Ia lebih memilih membagikan ternaknya secara gratis kepada warga, karena gerah dengan harga yang tak kunjung membaik.

“Ini kami bagi-bagikan karena harga yang rendah tersebut, yakni dikisaran angkar Rp 7 ribu hingga Rp 10 ribu perkilogramnya,” katanya.

Bersama dengan karyawannya, Sarwi mengeluarkan ayam dari kandangnya dengan menggunakan truk. Kemudian ayam tersebut dibawa untuk dibagi-bagikankan kepada tetangganya.

“Lebih baik saya bagikan ke warga saja lah. Kalau dijual di pasaran juga tidak begitu menguntungkan. Katakanlah kalau dijual satu ekor bobotnya 2 kilogram itu kalau nyampai 2 kilogram sama dengan Rp 14 ribu, ya mendingan dibagikan saja,” ujarnya.

Selain itu, ratusan ayam pedaging ini diberikan ke warga sebagai bentuk kepedulian. Hal itu dilakukan sarwi, walaupun ayam dijual ke pasaran dirinya tidak memperoleh keuntungan sama sekali.

“Biar lebih dekat dengan warga sekitar, agar lebih baik lagi dalam komunikasi dan menciptakan kondisi nyaman,” terangnya.

Saat ini, dirinya sudah mengosongkan kandang ayamnya sembari menunggu kondisi harga membaik. Kalau harga sudah normal, barulah kandang miliknya itu akan diisi bibit baru.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.