Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Catatan Redaksi

Menyambut Tiga Juta Pengunjung

0 97
Deka Hendratmanto *)

ALHAMDULILLAH. Rasanya tidak ada kata yang lebih pantas selain ucapan syukur kepada Allah SWT karena tepat 1 Juli 2019, MURIANEWS.com tepat berusia enam tahun.

Tentunya tidak mudah bagi saya pribadi sebagai pendiri untuk memimpin perusahaan media ini hingga memasuki tahun keenam.

Masih terlalu banyak yang harus kami perbaiki. Ada beberapa isu yang harus kami segera kami tuntaskan. Dan kami harus fokus pada diri sendiri.

Fokus utama kami jelas meningkatkan jumlah pengunjung. Ini bukan langkah mudah. Tapi bukan hal yang mustahil. Apalagi tren pengunjung selalu naik.

Sepanjang 2018, MURIANEWS.com dikunjungi hampir dua juta netizen. Persisnya 1.966.172 pengunjung. Itu artinya dalam sehari, MURIANEWS.com mendapat kunjungan rata-rata lima ribuan netizen. Not bad lah untuk media online lokal.

Berkaca dari total pengunjung tahun lalu, kami pun menargetkan tahun ini akan ada tiga juta pengunjung di situs MURIANEWS.com.

Angka ini cukup rasional untuk media sekelas MURIANEWS.com. Tapi harus ada upaya yang cukup keras untuk mencapainya.

Peningkatan Performa, Engagement, dan User Experience

Pertama, usaha itu dimulai dari memperbaiki performa website-nya. Sejak awal tahun, kami sudah menggandeng tim IT khusus dengan tugas khusus. Memperbaiki kinerja web security.

Hingga akhir tahun 2018, MURIANEWS.com mendapatkan peringkat B. Tapi alhamdulillah, berkat kerja keras tim IT, kini predikat itu sudah naik menjadi A. Harapannya ke depan, predikatnya menjadi ke A+.

Kedua, memaksimalkan media sosial untuk meningkatkan engagement pembaca. Dengan demikian, secara alami (bahasa internetnya secara organic) jumlah pengunjung akan semakin bertambah. Tentunya dari pintu media sosial.

Ketiga, meningkatkan user experience. Usaha ketiga ini gampang-gampang susah. Karena ini tidak saja urusan konten. Tapi juga urusan layout dan susunan menu. Dan ini yang penting: kecepatan membuka konten.

MURIANEWS.com saat ini telah menggunakan sebuah sistem yang memungkinkan pengunjung untuk dapat mengakses berita-berita MURIANEWS.com dengan cepat.

Sistem ini terutama sekali bekerja dengan maksimal untuk netizen yang mengakses MURIANEWS.com dari ponsel.

Ini penting kami lakukan karena data Google Analytics menunjukkan, 95 persen pengunjung MURIANEWS.com mengakses dari ponsel. Sementara sisanya mengakses melalui PC desktop (4 persen) dan tablet (1 persen).

Tren Pengunjung Meningkat

Tiga upaya tersebut di atas telah menunjukkan hasil yang menggembirakan. Pada semester pertama 2019 ini, jumlah pengunjung MURIANEWS.com sudah mengalami peningkatan yang signifikan.

Terhitung dari 1 Januari hingga 30 Juni 2019, Google Analytics mencatat ada 1.560.251 pengunjung atau rata-rata 8.620 pengunjung setiap hari.

Jumlah ini meningkat 65 persen dari periode yang sama tahun 2018, yakni 947.984 pengunjung atau rata-rata 5.237 pengunjung setiap hari.

Dengan melihat tren semester pertama 2019 di atas, kami optimistis target tiga juta pengunjung akan terpenuhi di semester kedua ini.

Apalagi jika melihat progres dari bulan ke bulan. Sebulan terakhir saja (periode 1-30 Juni 2019) jumlah pengunjung sudah mencapai 316.469 atau rata-rata 10.549 pengunjung setiap hari.

What’s Next?

Insya Allah, dalam usia keenam ini pula, MURIANEWS.com akan meluncurkan mobile apps. Ini penting untuk menambah user experience netizen, khususnya pengguna ponsel.

Dengan keberadaan mobile apps, kami berharap MURIANEWS.com akan semakin nyaman diakses dan dibaca.

Dari sisi konten, kami akan memberikan ’’sentuhan’’ baru dengan menambah dan mengoptimalkan gambar bergerak melalui MURIANEWS TV yang terintegrasi dengan akun media sosial You Tube.

Akhirnya, tiada yang lebih pantas bagi kami selain menyampaikan terima kasih kepada seluruh netizen di manapun berada yang telah meluangkan waktunya untuk mengakses dan membaca berita-berita dari kami.

Tanpa netizen, kerja keras tim redaksi dan seluruh karyawan MURIANEWS.com sudah pasti akan menjadi percuma.

Dirgahayu MURIANEWS.com. Tetaplah semangat menghasilkan karya jurnalistik yang cepat, tepat, dan akurat. (*)

*) Chairman & Editor in Chief, MURIANEWS.com

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.