Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Sehari, 6 Rumah di Grobogan Ludes Dilalap Si Jago Merah

MURIANEWS.com, Grobogan – Dua peristiwa kebakaran terjadi di Grobogan dalam waktu dan tempat berlainan, Minggu (30/6/2019). Dalam peristiwa ini, ada enam bangunan rumah warga rata dengan tanah. Meski tidak ada korban, namun kebakaran ini mengakibatkan kerugian hingga ratusan juta.

Peristiwa kebakaran paling akhir terjadi di Dusun Kragilan, Desa Rejosari, Kecamatan pada Minggu malam. Kebakaran yang berlangsung sekitar 18.30 WIB itu menimpa lima bangunan rumah milik Suwardi (35), warga setempat.

Informasi yang dihimpun mengungkapkan, sebelum kejadian, ibu pemilik rumah yang bernama Sumiyati (60), sempat menyalakan bediang atau perapian untuk mengusir nyamuk di bagunan rumah paling belakang yang dipakai buat kandang sapi. Setelah itu, Sumiyati pergi ke masjid tidak jauh dari rumahnya.

Saat ditinggal pergi itulah, api dari bediang diperkirakan menjalar pada tumpukan jerami kering yang ada di dekatnya hingga menyulut kebakaran. Banyaknya barang mudah terbakar mengakibatkan kobaran api cepat membesar dan membakar lima bangunan rumah yang terbuat dari kayu tersebut.

Petugas kebakaran dibantu petugas dan warga bejibaku menjinakkan api yang melahap rumah di Grobogan. (MURIANEWS.com/Dani Agus)

Puluhan warga setempat sudah berupaya keras untuk menjinakkan si jago merah. Namun, terbatasnya air mengakibatkan upaya pemadaman sulit dilakukan.

Amuk kebakaran bisa diatasi setelah ada dukungan dua armada damkar dari pos Wirosari. Meski demikian, warga dan petugas butuh waktu hampir tiga jam untuk memadamkan kobaran api.

“Dalam kejadian ini, lima bangunan rumah tidak berhasil diselamatkan. Penyebab kebakaran diduga dari api bediang,” kata Kapolsek Kradenan AKP Wakijo.

Sementara itu, pada siang harinya, amuk kebakaran terjadi di Dusun Ngasem, Desa Pelem, Kecamatan Gabus. Kebakaran yang berlangsung tengah hari itu menimpa satu rumah milik Sujito (45), warga setempat.

Saat kejadian, rumah dalam kondisi kosong karena ditinggal pemiliknya pergi ke rumah saudaranya. Diduga, kebakaran yang menimpa rumah kayu berukuran 11×11 meter disebabkan hubungan arus pendek listrik.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...