Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Mahir Mainkan Wayang Sebesar Tubuhnya, Penampilan Dalang Cilik di Grobogan Bikin Kagum Warga

MURIANEWS.com, Grobogan – Pagelaran wayang kulit di halaman Setda Grobogan berlangsung meriah, Jumat (28/6/2019) malam. Hadirnya dalang cilik Ahmad Cannavaro Heriyanto makin menambah semarak pagelaran kesenian tradisional yang digelar dalam rangka peringatan Hari Anak Nasional (HAN) dan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXVI tingkat Jateng tersebut.

Dalang cilik Cannavaro, saat ini masih duduk kelas IV di SDN 02 Bandungsari, Kecamatan Ngaringan. Cannavaro malam itu tampil sebagai dalang pembuka pagelaran. Adapun dalang utama yang tampil adalah Ki Bayu Aji Pamungkas yang membawakan lakon Kunthi Nugroho.

Meski usianya baru 10 tahun, namun penampilannya sempat mengundang decak kagum para penonton. Terlebih saat bocah ini memainkan wayang sosok buto atau raksasa yang ukurannya cukup besar. Jika dijajarkan, ukuran wayang ini hampir sebesar postur Cannavaro.

Malam itu, putra Kades Bandungsari Ledy Heriyanto tampil sekitar satu jam, mulai pukul 20.00 WIB.  Saat Cannavaro tampil, penabuh gamelan dan larasatinya dibawakan oleh karang taruna Eka Bakti Desa Bandungsari.

“Dalang cilik ini kemampuannya sudah terlihat lumayan. Terlebih saat memainkan wayang buto tadi yang bobotnya cukup berat karena ukurannya besar. Saya rasa, bocah ini merupakan sosok dalang muda ini cukup potensial di masa depan,” cetus Sumitro, salah seorang penggemar wayang kulit yang menyaksikan pentas di halaman setda itu.

Ki Bayu Aji Pamungkas yang malam itu jadi dalang utama juga terlihat serius menyaksikan penampilan Cannavaro dari awal hingga selesai. Putra dalang kondang Ki Anom Suroto itu menonton dari deretan kursi yang diduduki Bupati Grobogan Sri Sumarni, jajaran FKPD dan pejabat dari Pemprov Jateng.

Saat dimintai komentarnya seputar penampilan dalang cilik itu, Bayu mengaku sangat bangga. Sebab, masih ada generasi berikutnya yang mau bergelut untuk melestarikan kesenian tradisonal warisan leluhur tersebut.

“Saya bangga sekali dengan Adik Cannavaro yang mau berlatih jadi dalang sejak kecil. Apa yang dilakukan patut diapresiasi,” ungkap Bayu.

Sementara itu, Bupati Sri Sumarni juga merasa bangga dengan penampilan yang disuguhkan dalang cilik tersebut. Meski begitu, supaya kemampuannya bertambah, ada beberapa hal yang harus dilakukan. Yakni, tekun belajar dan berlatih serta butuh jam terbang lebih banyak.

“Selain terus belajar, untuk bisa mengembangkan kemampuannya ndalang butuh kesempatan tampil lebih banyak. Penampilan seperti malam ini ini bisa jadi salah satu sarana untuk menambah jam terbang dan mengasah kemampuan. Saya juga minta pada Mas Bayu Aji Pamungkas untuk memberikan bimbingan pada dalang cilik ini,” katanya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor Supriyadi

Comments
Loading...