Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Ada Gangguan Keamanan di Jepara? Lapor Saja Pakai Aplikasi Siap Laga

MURIANEWS.com, Jepara- Sebuah sistem aplikasi yang ditunjukan untuk pelayanan pelaporan masalah keamanan dan ketertiban (trantib) diluncurkan, Jumat (28/6/2019). Kecamatan Kota Jepara, meluncurkan aplikasi ini dengan harapan bisa memudahkan masyarakat.

Aplikasi “Siap Laga” (Sistem Aplikasi Laporan Gangguan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat), merupakan aplikasi berbasis Android. Keberadaannya diharapkan bisa menjadi media partisipasi bagi warga dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing.

Camat Jepara,  M. Syafii menyebut, selama ini laporan masyarakat terkait trantib bersifat manual dan hanya dilakukan di jam kerja. Maka, dengan aplikasi ini, warga bisa membuat laporan trantib kapan pun dan di mana pun. Sehingga tidak perlu hadir ke  desa atau kelurahan.

Aplikasi ini merupakan bagian dari inovasi layanan trantib di Kecamatan Jepara. Pada perkembanganya nanti, diharapkan bisa diterapkan di seluruh Kabupaten Jepara.

Keberadaan Aplikasi Siap Laga, menurutnya juga akan diikuti dengan kesiapsiagaan Muspika, dalam merespon laporan warga setiap saat.

“Tentu saja kami juga akan lebih meningkatkan daya respon kami. 24 jam kami akan siaga. Jadi, adanya aplikasi online, respon kami juga tidak akan masih bersifat manual. Muspika Jepara tentu akan langsung menindaklanjuti,” ujar M Syafii.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan Setda Jepara Abdul Syukur menyatakan, aplikasi ini diharapkan bisa benar-benar dimanfaatkan untuk pelayanan trantib oleh masyarakat.

Sehingga tidak hanya sukses pada saat peluncurannya saja. Kegiatan ini harus ditindaklanjuti sesuai target jangka menengah dan jangka panjang yang menyertainya.

Aplikasi ini harus juga direspon dengan cepatnya tindak lanjut kejadian terkait trantib yang dilapoorkan.

Pada saat masih manual, saat ada warga melapor, semua harus tertulis. Sehingga sampai di pimpinan perlu waktu beberapa hari baru bisa diambil sikap. Sekarang dengan adanya ‘Siap Laga’, tentu saja harus  bisa langsung ditindaklanjuti.

“Keberadaan Siap Laga, akan menunjang keberadaan Jepara Smart City. Saat ini banyak aplikasi inovasi layanan dari perangkat daerah. Semua akan diintegrasikan jadi satu. Sehingga Jepara bisa sejajar dengan kota-kota yang sudah maju,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Trantib Kecamatan Jepara, Abdul Ghofur menambahkan, sebagai aplikasi yang berbasis Android, maka ‘Siap Laga’ dapat diunduh melalui Google Playstore. Melalui aplikasi ini warga bisa melaporkan segala kejadian trantib di lingkungannya.

“Muspika dan lurah serta petinggi juga menjadi user aplikasi ini. Jadi kalau ada warga yang melapor, mereka mendapat notifikasi dari Siap Laga dan bisa langsung menindaklanjuti,” jelasnya.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...