Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Penerapan E-Tilang di Kudus Belum Maksimal

MURIANEWS.com, Kudus –  Penerapan sistem E-Tilang yang diberlakukan di Perempatan Bejagan, Kabupaten Kudus ternyata belum maksimal. Hingga saat ini, Polres Kudus masih terkendala petugas pemantau CCTV dan rumitnya alur penilangan.

Kasat Lantas Polres Kudus, AKP Ikrar Potawari menjelaskan hingga kini, baru lima pengendara yang dikirimi surat konfirmasi dan surat tilang melalui pos. Mereka sebelumnya tertangkap kamera melanggar lalulintas di perempatan tersebut.

“Hingga saat ini belum ada penambahan,” kata Ikrar pada MURIANEWS.com, Jumat (28/6/2019)

Selama ini, pihaknya hanya menyediakan satu petugas pemantau CCTV untuk mengawasi gerak-gerik pengendara di perempatan tersebut. Akibatnya, satu petugas jaga, tak bisa memantau CCTV selama 24 jam.

“Karena CCTVnya baru satu, maka hanya satu petugas jaga,” kata Ikrar.

Rumitnya proses tilang juga jadi penyebab lain belum maksimalnya penerapan E-Tilang di Kota Kretek. Seperti yang diketahui, sistemnya adalah pelanggar tertangkap cctv, kamera pengawas akan mencatat plat nomor pelanggar.

Plat nomor kemudian dibuka rekam jejak pemiliknya yang meliputi nama pemilik dan alamat pemilik nomor kendaraan. Surat konfirmasi lengkap dengan foto pelanggar kemudian dikirim ke alamat yang tertera untuk memastikan kepemilikan kendaraan.

Selama surat konfirmasi belum dibalas atau diklarifikasi pihak pemilik, STNK akan diblokir sementara. Baru setelah konfirmasi, pihak Polres akan menilang pemilik nomor kendaraan. “Sistem yang demikian membutuhkan waktu yang cukup lama,” lanjut Ikrar.

Untuk itu, ia akan melakukan evaluasi serta pengembangan sistem dan teknis penilangan. Tujuannya, agar sistem E-Tilang tak hanya sekedar pelengkap moderenisasi saja.

“Kami kembangkan dan kami coba cari cara supaya lebih efektif lagi,” tandas Ikrar.

Sebelumnya, Polres Kudus mencoba menerapkan program e-tilang di Kabupaten Kudus. Sebagai tahap awal, E-Tilang diterapkan pada traffic light Perempatan Bejagan yang berdekatan dengan RS Aisyiah Kudus di Jalan Hos Cokroaminoto No.119 A, Desa Mlati Norowito, Kota Kudus.

Selain karena sumber dana yang bersifat swadaya, pemilihan Perempatan Bejagan didasari karena seringnya pelanggaran pada perempatan tersebut.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...