Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Peternak di Grobogan Ikut Terdampak Anjloknya Harga Ayam Broiler

MURIANEWS.com, Grobogan – Merosotnya harga jual ayam pedaging atau broiler di sejumlah daerah juga dirasakan peternak di wilayah Grobogan. Terutama, para peternak yang sedang memasuki masa panen.

Saat ini, harga ayam berkisar Rp 6 ribu per kilogram. Sementara harga sebelumnya bisa mencapai Rp 18 ribu per kilogram.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Grobogan Riyanto membenarkan adanya penurunan harga ayam broiler di kalangan peternak. Menurutnya, dari laporan peternak, harga ayam hidup turun sekitar Rp 10-15 ribu per kilogramnya. Sedangkan harga daging ayam saat ini berkisar Rp 25 ribu per kilogram.

Menurut Riyanto, penurunan harga ayam ini terjadi dalam skala nasional. Turunnya harga ayam diperkirakan akibat over stok sejak menjelang hari raya Idul Fitri lalu.

Lebih lanjut ia menyatakan, dampak merosotnya harga ayam ini paling dirasakan oleh peternak mandiri. Namun, jumlah peternak ayam mandiri ini tidak terlalu banyak.

Untuk peternak ayam berbasis kemitraan, dampak merosotnya harga tidak begitu berpengaruh besar. Soalnya, mereka ini sudah ada kontrak harga jual ayam dengan mitra usaha.

“Kalau di Grobogan, sebagian besar adalah peternak berbasis kemitraan. Untuk peternak mandiri jumlahnya tidak banyak,” katanya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...