Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Partai Berkarya Ajukan PHPU DPR RI Dapil 2 Jateng di MK

0 61

MURIANEWS.com, Kudus – Partai Berkarya mengajukan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) DPR RI untuk daerah pemilihan (Dapil) 2 Jawa Tengah di Mahkamah Konstitusi (MK). Hal ini diungkapkan oleh Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kudus Cahyo Maryadi.

“Ada satu partai, yakni Berkarya yang mengajukan PHPU di MK untuk DPR RI dapil 2 Jateng yang meliputi Kudus, Jepara, dan Demak,” katanya, Kamis (27/6/2019).

Ia mengatakan, PHPU yang diajukan Partai Berkarya tidak hanya dilakukan di Dapil 2 Jateng. Partai besutan Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto itu juga melakukan gugatan di beberapa wilayah di Indonesia. Hal ini berdasarkan petitum yang diajukan untuk membatalkan SK KPU nomor 987/PL.01.8-KPT/06/KPU/V/2019 tentang Penetapan Hasil Pemilihan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Secara Nasional Dalam Pemilihan Umum Tahun 2019.

“Ini (gugatan PHPU) dari Partai Berkarya ada di 19 Provinsi dan 53 darah pemilihan,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Cahyo menjelaskan, dalam petitumnya, Partai Berkarya meminta menetapkan perolehan suara sesuai perhitungan pemohon sebanyak 5.719.495 suara, atau memerintahkan KPU melakukan rekapitulasi di tingkat provinsi di daerah pemilihan yang berjumlah 53 dapil.

“Untuk Secara khusus untuk dapil 2 Jateng DPR RI, perolehan suara partai Berkarya suara yang diperoleh mengalami penurunan 50 ribu suara. Sedangkan partai lain, yakni Gerindra mengalami penambahan sebesar Rp 50 ribu suara. Itu versi Berkarya,” ungkapnya.

Adapun langkah yang dilakukan KPU Kudus saat ini masih melakukan pencermatan permohonan pemohon. Selain itu juga, pihaknya berkonsultasi dengan KPU Provinsi Jawa Tengah.

Baca : KPU Cermati PHPU yang Diajukan 3 Caleg DPRD Kudus

“KPU Kudus mencermati permohonan pemohon. Hal ini karena kepastian perkara diregister MK atau tidak masih menunggu tanggal 1 Juli 2019 mendatang,” ungkapnya.

Sementara itu, sebelumnya, KPU Kudus juga menghadapi PHPU dari tiga caleg DPRD Kudus. Mereka adalah Agus Warino caleg DPRD Kudus dari partai Gerindra. Kedua ada Bambang Kasriono caleg DPRD Kudus dari partai PAN. Serta  caleg DPRD Kudus Agus Setia Budi dari Partai Hanura.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.