Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

PPN XI, Penyair Nusantara dan Mancanegara Bakal Bius Kota Kretek

0 46

MURIANEWS.com, Kudus – Pagelaran budaya berskala internasional bertajuk Pertemuan Penyair Nusantara (PPN) XI, bakal dihelat di Kota Keretek, 28 Juni-30 Juni mendatang. Pagelaran, diharapkan melepas kerinduan dari penikmat sastra dan budaya berkualitas di seantero Kudus bahkan negeri.

Pagelaran budaya bakal menghadirkan puluhan penyair Jawa Tengah, hingga penyair dari Malaysia, Singapura, Thailand dan Brunei Darussalam. Olah rasa dan seni budaya serta pertemuan penyair tidak hanya menjadi peristiwa sastra atau peristiwa budaya rutin tahunan, tetapi menjalin komunikasi antarpenyair nusantara.

“Kami berharap, acara yang didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation memberikan dampak positif bagi penyair Kudus,” kata Ketua Panitia, Mukti Sutarman Espe, Rabu(27/6/2019).

Gelaran PPN XI juga diharapkan menghidupkan kembali perkembangan sastra di Kota Keretek. Sepuluh kurator pun disiapkan panitia guna menyaring para penyair yang berkompeten dan diyakini bisa membius para penikmat sastra.

Kurator berjumlah 10 orang, yakni Ahmadun Yosi Herfanda, Kurnia Effendi, dan Chavchay Syaifullah (kurator nasional), Mukti Sutarman Espe, Sosiawan Leak dan Jumari Hs (kurator Jateng), Mohamad Saleeh Rahamad (kurator Malaysia), Djamal Tukimin (kurator Singapura), dan Mahroso Doloh (kurator Thailand).

“Ada juga kurator Zefri Ariff dari Brunei Darussala,” tambah Mukti.

Pembukaan PPN XI akan berlangsung di Hotel Gripta Kudus, dimeriahkan kesenian khas Kudus dari kelompok Terbang Papat Menara, musikalisasi puisi kelompok musik Sang Swara, dan pembacaan puisi penyair perwakilan negara-negara peserta.

“Pada hari kedua ada seminar sastra menghadirkan beberapa pembicara,” kata Mukti.

Di antaranya Maman S. Mahayana (Indonesia), Dr. Moh. Saleeh Rahamad (Malaysia), Prof. Zefri Arif (Brunei Darussalam), Dr. Rakib Bin Nik Hasan (Thailand), Djamal Tukiman, MA (Singapura), dan Dr. Tirto Suwondo, M.Hum. (Balai Bahasa Jawa Tengah, Indonesia).

Acara dilanjutkan bedah buku antologi Sesapa Mesra Selinting Cinta yang berisi karya-karya penyair yang lolos kurasi dengan pembicara bedah buku Profesor Suminto A. Sayuti. Selanjutnya, workshop  pembacaan puisi oleh Sosiawan Leak dengan moderator Jimat Kalimasadha.

Parade penyair di pelataran timur Menara Kudus juga dilakukan pada hari kedua. Sederet nama besar seperti Sutardji Calzoum Bachri, Kyai Mustofa Bisri (Gus Mus), D. Zawawi Imron, Thomas Budi Santoso, dan Sosiawan Leak, diprediksi akan membius penikmat seni.

“Penyair dari Malaysia, Singapura, Thailand, Brunei Darussalam juga akan hadir, nama-nama penyair seperti, Emy Suy, Fikar W. Eda, Taufiq Ikram, Didid Endro, Rini Intama, juga bakal unjuk gigi,” tambahnya.

Sedang pada hari ketiga, para peserta bakal melakukan wisata budaya ke Menara Kudus untuk berziarah ke makam Sunan Kudus dan menikmati nuansa Kudus dan lainnya. “Semua kegiatan telah dikemas sedemikian rupa,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.