Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Misteri Sumur Tua dan Angkernya RSK Tayu

MURIANEWS.com, Pati – Rumah Sakit Kristen (RSK) Tayu, Pati memang menjadi buah bibir yang tak berkesudahan. Terutama mengenai hal-hal mistis yang menyelimuti rumah sakit yang kini mangkrak itu.

Apalagi, banyak warga yang mengaku sering melihat kejadian aneh dan di luar nalar di RSK tersebut.

Banyak orang menyebut bahwa RSK tersebut banyak dihuni oleh mahluk gaib. Apalagi bangunan yang sudah tampak tua, apabila dilihat dari sisi depan memang terlihat sangat angker.

Konon makhluk gaib penunggu RSK Tayu itu juga sering muncul di siang hari. Ada sosok makhluk gaib yang berjalan-jalan di komplek sekitar bangunan RSK. Tetapi sesaat kemudian sosok itu langsung hilang.

Bangunan RSK Tayu Pati terbengkalai dan menimbulkan kesan angker. (MURIANEWS.com/Cholis Anwar)

Ahmad Munir, warga Desa Keboromo, Kecamatan Tayu, Pati yang rumahnya tak jauh dari RSK itu mengatakan, cerita mistis rumah sakit tersebut sudah lama muncul. Bahkan pada saat rumah sakit masih beroperasi konon banyak pasien maupun penunggu yang melihat kejadian aneh.

Dia bercerita pada bangunan rumah sakit di sebelah barat tepatnya di ruang pasien, dulu sempat ada pasien yang rawat inap. Ketika pasien itu hendak meninggal, dia melihat ada potongan kaki yang mengucurkan banyak darah. Kaki tersebut berjalan jalan di tembok sekitar ruangan rawat inap itu.

“Cerita itu tidak hanya satu orang yang tahu, tetapi sudah ada banyak orang,” katanya, kamis (20/6/2019).

Lebih lanjut, dari informasi yang diperoleh, rumah sakit bertipe C yang didirikan pada 1933 itu, memang mempunyai sejarah panjang. Disinyalir, lahan yang ditempati itu merupakan hadiah dari pemerintah Belanda kepada seorang muslim, yakni Sadrah yang masuk Kristen.

Kemudian oleh Sadrah, dibangunlah rumah sakit di bawah naungan Yayasan Kesehatan Kristen Sekitar Muria (YKKSM). Hingga RSK berkembang pesat pada tahun 1970 an.

Di sebelah barat RSK dulunya ada lalangan sepak bola yang saat ini sudah menjadi perumahan dokter. Di lapangan itu, terdapat sumur tua yang konon menjadi tempat pembuangan dua mayat penjajah Belanda.

“Sampai saat ini, di sekitar sumur itu masih angker. Banyak warga yang terkadang dihantui sosok menakutkan,” ujarnya.

Belakangan, sekitar tahun 2000-an, RSK tersebut sudah benar-benar tak terurus. Bangunan di dalamnya pun berantakan. Tak heran jika banyaj makhluk halus bermunculan di sekitar RSK itu.

Bahkan, saat malam hari, warga yang melintas di depan RSK itu pun lebih memilih tidak menoleh. Takut apabila ada penampakan serpihan tubuh yang berjalan sendiri.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...