MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kakak Beradik di Purworejo Nyaru Jadi Polisi Peras Muda-mudi Pacaran

0 205

MURIANEWS.com, Purworejo – Kakak beradik di Purworejo Ambar Handoyo (32) dan Supriyono (21) warga Kabupaten Kebumen ditangkap jajaran Satreskrim Polres Purworejo. Mereka ditangkap karena melakukan pemerasan.

Sasaran mereka adalah pasangan muda-mudi yang lagi pacaran di Alun-alun Kutoarjo dan Purworrejo. Dalam aksinya, mereka menyaru sebagai polisi yang tengah bertugas.

Untuk menyakinkan para korbannya, mereka membawa pistol. Namun bukan pistol sungguhan, melainkan korek api berbentuk pistol. Pistol korek ini yang selalu digunakan kakak beradik ini untuk menakuti para korbannya.

Kasat Reskrim Polres Purworejo, AKP Haryo Seto mengatakan, aksi pemerasan ini dilakukan pada Mei 2019 lalu. Saat beraksi mereka mengaku sebagai anggota Reskrim.

”Mereka ini kakak beradik. Salah satu bertindak sebagai komandan, dan satu anggota,” katanya dalam jumpa pers, Rabu (26/6/2019).

Modus yang digunakan yakni mencari pasangan muda-mudi yang tengah pacaran di alun-alun atau tempat sepi hingga dini hari. Salah satu pelaku lalu mendekati dan mengaku sebagai polisi.

Dengan pistol korek api pelaku menakuti korbannya dan membentak agar menurut. Korbannya kemudian diajak ke mobil untuk bertemu dengan salah satu pelaku yang bertindak sebagai komandan.

”Mereka ditanyai surat-surat kendaraan dan identitas. Jika tidak ada mereka meminta barang berharga yang dibilang sebagai jaminan dan bisa diambil di kantor polisi,” ujarnya.

Usai kejadian itu, beberapa korban merasa curiga dan akhirnya melapor ke polisi. Berbekal laporan dan ciri-ciri yang diberikan para korban, polisi melakukan penyelidikan dan berhasil menangkap kakak beradik tersebut.

Di hadapan polisi, Ambar Handoyo mengakui melakukan pemerasan. Barang-barang hasil rampasan dari para korban diakuinya dijual dan kemudian digunakan untuk foya-foya. ”Sebelum berkasi minum-minum (miras) dulu. Biar berani,” akunya.

Kini kedua pelaku telah ditetapksan sebagai tersangka dan menjalani pemeriksaan di Mapolres Purworejo. Mereka dijera dengan pasal 365 KUHP dengan ancaman hukuman hukuman 9 tahun kurungan penjara.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.