MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Akhir 2020, Bandara Ngloram Blora Ditargetkan Bisa Didarati Pesawat Terbang

0 2.584

MURIANEWS.com, Blora – Proses reaktivasi atau pemanfaatan kembali Bandara Ngloram, Blora yang berada di Desa Ngloram, Kecamatan Cepu, terus berjalan sesuai rencana. Bahkan, pada akhir tahun 2020 mendatang, bandara itu ditargetkan sudah bisa didarati pesawat terbang.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Blora Arief Rohman saat melangsungkan tinjauan lapangan bersama kepala OPD terkait, dari Pekab Blora dan Pemprov Jateng.

“Kita targetkan bulan depan bisa terlaksana penandatanganan nota kesepakatan antara Pemkab Blora, Pemprov Jateng dan Kementerian Perhubungan untuk kelanjutan pembangunan bandara. Sedangkan pembangunan bandara ditargetkan bisa didarati pesawat pada akhir 2020 atau awal 2021,” kata Arief.

Saat berada di lokasi, rombongan menyaksikan lahan Bandara Ngloram yang telah terpasang pagar batas area hasil pengerjaan proyek 2018. Rombongan juga sempat melihat rencana perluasan lahan untuk apron dan taxiway.

Usai kunjungan lapangan, pejabat dari Pemkab Blora maupun Pemprov Jateng menggelar rapat koordinasi untuk membahas draft atau rancangan nota kesepakatan tentang dukungan masing-masing pihak dalam pembangunannya. Nota kesepakatan itu nantinya akan diteken oleh tiga pihak, yakni Pemkab Blora, Pemprov Jateng dan Kementerian Perhubungan. Berdasarkan nota kesepakatan itu, akan diketahui apa saja tanggung jawab yang harus dilakukan masing-masing pihak.

“Pembangunan bandara akan dilaksanakan oleh Kementerian Perhubungan, sedangkan Pemkab akan mendukung pembebasan lahannya untuk keperluan perluasan. Sementara Pemprov Jateng akan diminta membantu pembangunan akses jalan menuju Bandara. Hal ini yang akan di MoU kan, dan sedang dimatangkan,” jelas Arief.

Untuk diketahui, sembari menunggu perluasan lahan, Kemenhub melalui Satker Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Dewandaru akan melaksanakan pembangunan tahap pertama di tahun 2019 ini pada lahan lama. Adapun pembangunan yang akan dilaksanakan adalah pembangunan dan perpanjangan runway 300 x 30 meter, taxiway termasuk marking (satu paket), kemudian pemenuhan standart pagar bandara, penyusunan rancangan teknik terinci (RTT) fasilitas sisi udara dan sisi darat, serta pengawasan pembangunan sisi udara.

Sementara itu, perwakilan Dinas Perhubungan Jateng Henggar Budi Anggoro menyatakan, pada dasarnya Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sangat mendukung pembangunan Bandara Ngloram di Kabupaten Blora. Pihaknya ingin agar draft MoU bisa segera dimatangkan.

“Nanti dibahas lebih mendalam dengan tim kecil, lalu segera diagendakan untuk penandatanganannya. Bisa di Blora atau di Semarang, kita manut saja. Pak Gubernur sudah pernah meninjau langsung kesini, dan berpesan agar terus mengawal pembangunannya,” ungkap Henggar.

Pihaknya juga menginformasikan bahwa tahun ini Dinas Perhubungan Jateng akan memasang traffic light di pertigaan Pasar Mulyorejo yang mengarah ke lokasi Bandara Ngloram.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.