Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bambang Kasriono Tuntut Pemilihan Ulang di Kudus

0 746

MURIANEWS.com, Kudus – Calon legislatif (Caleg) DPRD Kudus dari Partai Amanat Nasional (PAN) Bambang Kasriono menuntut kepada Mahkamah Konstitusi (MK) untuk diadakannya pemilihan ulang Pileg di satu desa di dapil Jekulo-Dawe. Hal ini dilakukan karena ada banyak kecurangan pada Pileg 2019.

“Untuk tuntutannya ada dua, yakni ada kecurangan dan pemilihan ulang. Ada satu desa yang saya tuntut ada pemilihan ulang. Tapi saya tak bisa mengatakannya (desanya) sekarang. Nanti saja pas di MK,” katanya saat ditemui Rabu (26/6/2019).

Ia mengatakan, pelaksanaan Pemilu 2019 terutama Pileg di Kudus ia yakini banyak kecurangan. Mulai dari daftar pemilih khusus (DPK) yang tidak wajar hingga ada pengurangan suara yang ia peroleh.

“Itu salah satunya dan yakinlah banyak kecurangan yang ada. Untuk bukti akan kami tambah lagi,” katanya.

BK sapaan akrabnya menyebutkan, ada jumlah DPK di salah satu desa di dapilnya yang mencapai 200 pemilih, bahkan ada juga yang sampai 600 pemilih dalam satu desa. Padahal, jadwal memilih DPK hanya satu jam.

“Yang paling mencolok itu di Honggosoco. Masak ada disabilitas sebanyak 200 pemilih. Kalau di kota saya maklum, ini di desa. Sehingga patut dipertanyakan,” terangnya.

Selanjutnya, BK mencontohkan di Desa Pladen Jekulo, ia memperoleh suara 332 suara. Namun setelah direvisi menjadi 180 suara.

“Padahal PPK ketika ditanya, katanya sudah dibetulkan. Ini kan patut dipertanyakan ada kesengajaan. Bahkan di desa lain, hampir merata di dapil saya. Nanti akan kami buka semua,” ungkapnya.

Diketahui, Bambang Kasriono maju kembali sebagai caleg DPRD Kabupaten Kudus dari Dapil Jekulo-Dawe. Dari data asil rekapitulasi oleh KPU Kabupaten Kudus, PAN mengantongi suara sebanyak 5.183 suara. Sementara perolehan BK sendiri mengantongi suara 4.077 suara.

Sementara itu, di Kudus tidak hanya BK yang melakukan pengajaan PHPU di MK. Dua caleg lainnya yakni Agus Setiobudi dari partai Hanura, dan Agus Wariono dari Gerindra.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.