Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

80 Orang Ikuti Pendidikan dan Pelatihan Kerja Standar Kompetensi Tahap III di BLK Blora

0 46

MURIANEWS.com, Blora – Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) Blora kembali menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan (diklat) kerja standar kompetensi. Diklat standar kompetensi kali ini merupakan penyelenggaraan yang ketiga kalinya.

Kepala UPT BLK Dinperinaker Blora Amik Kristanti melalui Kasubbag TU Dwi Hanto menjelaskan, pelatihan tahap III tahun 2019 diselenggarakan satu bulan, mulai 19 Juni 2019. Untuk diklat tahap III ini dibuka lima kelas. Yaitu, komputer, rias atau salon kecantikan, boga, bordir, dan otomotif.

“Jumlah peserta sebanyak 80 orang. Masing-masing kelas 16 peserta. Anggarannya dari APBN. Masing-masing kelas dipandu oleh instruktur yang membidangi dan bersertifikat,” jelasnya.

Dijelaskan, waktu pelatihan tiap kelas berbeda. Untuk kelas border, rias/salon kecantikan waktunya 25 hari. Kemudian kelas komputer dan otomotif waktunya 30 hari, serta kelas boga 20 hari.
Tujuan diadakan pelatihan, kata Dwi Hanto, untuk memberikan soft skill bagi calon tenaga kerja sehingga para peserta pelatihan tersebut bisa mendapat ilmu dalam bidang yang diikuti. Pihaknya berharap agar waktu pelatihan bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya dan tekuni oleh peserta.

“Melalui pelatihan ini nantinya mereka bisa mendapat dan menciptakan pekerjaan yang layak dengan bekal yang telah diterima selama pelatihan,” katanya.

Ia menambahkan, bagi para peserta pelatihan yang nantinya sudah bekerja baik di lembaga kerja maupun membuka usaha secara mandiri diminta untuk melapor. Dengan demikian, hasil dari pelatihan itu bisa termonitor.

“Alhamdulillah, dari tahun 2017, sudah banyak alumni yang memberikan informasi kalau sudah bekerja,” pungkasnya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.