Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tahun Ajaran Baru, Produsen Seragam di Pati Kebanjiran Rezeki

0 86

MURIANEWS.com, Pati- Tahun ajaran baru memang menjadi ladang basah bagi para pengusaha konfeksi. Sebab, banyak anak sekolah yang berburu seragam baru, sehingga permintaan dipastikan melonjak.

Karmisih, salah satu pengusaha konfeksi di Desa Panjunan, Kecamatan Pati, mengatakan, meski baru memasuki tahapan pendaftaran, namun permintaan seragam sudah meningkat.

Bila di hari biasanya permintaan hanya sekitar seribuan potong, di momen seperti sekarang ini bisa naik hingga dua kali lipatnya. Bahkan dia mengaku harus mempersiapkan jauh-jauh hari untuk mempersiapkan pesanan dan permintaan.

“Agar bisa terpenuhi biasanya memang disiapkan sejak sebelum tahun ajaran baru sekolah tiba. Sehingga saat ada permintaan sudah siap,” katanya, Selasa (25/6/2019).

Pesanan itu diakuinya tidak hanya datang dari Pati saja, melainkan banyak juga dari luar daerah. Bahkan tidak jarang pula permintaan akan seragam sekolah juga datang dari luar Pulau Jawa.

“Kalau saya fokus untuk mengerjakan seragam sekolah khusus untuk murid taman kanak-kanak (TK) dan sekolah dasar (SD). Itupun kami sudah kewalahan. Karena untuk satu sekolah saja, minimal harus mengerjakan tiga jenis seragam,” ujarnya.

Lebih lanjut, untuk sekolah favorit, biasanya seragam sekolahnya bisa lebih banyak lagi. Bahkan ada yang mencapai tujuh jenis seragam sekolah yang harus dikerjakan.

“Yang menjadi tantangan kami, walaupun permintaan tinggi kami harus tetap menjaga kualitasnya. Terutama dalam ketepatan waktu untuk menyelesaikan pesanan. Karena bagaimanapun, itu akan berpengaruh pada tingkat kepercayaan para pelanggan,” terangnya.

Terkait harganya sendiri diakuinya cukup beragam, yakni tergantung dari tingkat kesulitan pembuatan. Seragam sekolah yang menggunakan pernak pernik seperti proses bordir, biasanya akan lebih mahal.

“Harga satu paket seragam sekolah yang paling murah dengan 3 jenis seragam biasanya kami hargai Rp 200 ribu. Sedangkan harga paling tinggi bisa mencapai Rp 800 ribu per paket. Atau berisi sekitar 7 jenis seragam sekolah,” tandasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.