Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Bawaslu Kudus Serahkan Keterangan Tertulis PHPU di MK Besok Pagi

MURIANEWS.com, Kudus – Badan pengawas pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kudus bakal menyerahkan keterangan tertulis Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) kepada Mahkamah Konstitusi pada Rabu (26/6/2019) besok. Hal ini dilakukan untuk menindaklanjuti adanya PHPU yang dilakukan oleh tiga calon legislatif DPRD Kabupaten Kudus.

Ketua Bawaslu Kudus Moh Wahibul Minan mengatakan, pihaknya akan menyerahkan keterangan tertulis PHPU pada Rabu besok. Penyerahan keterangan itu akan diserahkan melalui Bawaslu Pusat.

“Sudah kami tuangkan jawaban keterangan tertulis yang akan kita kirimkan pada tanggal 26 Juni 2019 besok,” jelasnya, Selasa (25/6/2019).

Ia mengatakan, hari ini dan kemarin pihaknya menuntaskan kebutuhakn dokumen-dokumen untuk PHPU tersebut. Mulai dari dokumen C1, hologram, salinan hologra, C1 plano, D1 kemudian  dokumen lain.

“Dokumen lain seperti hasil pengawasan selama pemilu 2019. Mulai tahapan kampanye sampai pelaksanaan sudah kami siapkan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Minan mengatakan, dijadwalkan sidang pertama PHPU untuk pileg dijadwalkan pada 1 Juli 2019 mendatang. Hanya, untuk jadwal pastinya ia masih menunggu dari MK.

“Pada intinya kami memberikan keterangan tertulis sebagai pihak terkait. Lalu apakah nanti memberikan keterangan secara lisan apa tidak kami masih menunggu intruksi dari Bawaslu Pusat,” katanya.

Diketahui, sebelumnya dari hasil Pemilu 2019 terdapat tiga caleg DPRD Kudus yang mengajukan gugatan PHPU ke MK. Pertama Agus Setyobudi dari Hanura dari Dapil Kudus 3 yang meliputi Kecamatan Jekulo dan Dawe.

Kemudian Bambang Kasriono dari PAN. Dalam petitum permohonan, ia meminta MK mengabulkan permohonan pemohon untuk seluruhnya; membatalkan keputusan KPU nomor 987/PL.01.8-KPT/06/KPU/V/2019; menetapkan hasil perolehan suara yang benar untuk pemohon di beberapa daerah.

Serta ketiga Agus Wariono. AW memohon agar MK mengabulkan permohonannya untuk seluruhnya; membatalkan keputusan KPU nomor 987/PL.01.8-KPT/06/KPU/V/2019; menetapkan hasil perolehan suara yang benar untuk Pemohon di beberapa daerah.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...