Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Diverifikasi Asprov PSSI Jateng, Stadion Wergu Wetan Siap Jadi Home Base Persiku Kudus

0 574

MURIANEWS.com, Kudus – Verifikasi stadion Wergu Wetan Kudus sebagai home base Tim Persiku Kudus telah dilakukan oleh Asosiasi Provinsi (Asprov) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Jateng, Senin (26/6/2019). Pengecekannya meliputi kondisi lapangan serta seluruh infrastruktur penunjang stadion

Tidak ada catatan khusus yang dberikan pihak Asprov pada pengelola stadion. Hanya, beberapa pembenahan disarankan guna memaksimalkan segala infrastruktur yang telah ada. Dengan tujuan fasilitias dan kualitas stadion semakin layak.

“Tidak ada catatan khusus dalam hal ini, semua dirasa telah layak,” ucap Christian Rahadiyanto selaku Ketua Panitia Pelaksana Kompetisi 2019 Persiku Kudus.

Christian menjelaskan, pembenahan pertama kali akan menyentuh sarpras kamar mandi di stadion. Sektor tersebut dirasa perlu disentuh terlebih dahulu. Karena menyangkut kenyamanan dari para suporter, pemain, maupun panpel hingga wasit pertandingan nantinya.

“Yang paling mendesak perbaikannya adalah sarpras kamar mandi. Ada empat titik, koordinasi dengan Disdikpora akan kami lakukan” terangnya.

Sedang untuk tribun baik barat maupun timur, selatan dan utara dirasa cukup untuk memenuhi standarisasi Liga 3. Rumput lapangan juga tidak mendapatkan catatan khusus dari para peninjau dan penguji.

“Hanya ada beberapa seperti garis lapangan disarankan untuk dilakukan pengecetan ulang,” katanya

Kapasitas stadion sendiri diproyeksikan siap tampung 10 ribu penonton. Estemisainya diambil dari beberapa ujicoba yang pernah dilakukan tim asuhan Subangkit beberapa waktu lalu. Dengan rincian, 4.000 penonton pada tribun timur, 1.500 pada tribun utara dan selatan, dan 3.000 pada tribun barat.

“Yang meliputi tribun sayap dan vip,” lanjutnya.

Tim Asprov Jateng bersama pihak Panpel saat memverifikasi Stadion Wergu Wetan pagi tadi (MURIANEWS.com/Istimewa)

Estimasi tersebut akan dijadikan patokan untuk penyetakan tiket pertandingan. Pihaknya memperkirakan, pada laga pertama yakni pada 17 Juli nanti, akan terjual sebanyak 60 persen dari jumlah tiket yang akan disediakan.

“Jumlah tersebut kami lihat dari laga-laga ujicoba sebelumnya,” tambah.

Terpisah, Bupati Kudus HM Tamzil Bupati Kudus HM Tamzil mengatakan tahun ini pihaknya akan fokus untuk memelihara dan merawat rumput terlebih dahulu. Rumput dinilai adalah faktor terpenting dalam sebuah stadion.

“Sementara kami rawat rumput terlebih dahulu,” ucap Tamzil.

Selain rumput, pengoptimalan pada tribun utara dan selatan juga akan dilakukan. Kendati sedikit bermasalah pada bangku penonton yang tak sesuai standar dan ketinggian tribun, Tamzil merasa sayang jika dua tribun yang dibangun dengan anggaran Rp 22 miliar tersebut tak digunakan.

“Tetap akan digunakan, sayang jika tak terpakai,” ucapnya.

Sedang pada tribun barat dan timur mulai dilakukan peraawatan. Pada tribun timur, rumput-rumput liar mulai dibersihkan. Tribun barat atau tribun VIP juga mulai dirapihkan. Perawatan akan dilaksanakan secara bertahap.

“Optimalnya pada 2020 nanti,” jelas Tamzil.

Sokongan dana pada managemen juga akan diupayakan kembali. Setidaknya, Rp 2,5 miliar akan dialokasikan Pemkab untuk sangu Persiku dalam arungi Liga Tiga Jawa Tengah yang dimulai pada Juli mendatang.

“Pemkab siap membantu pendanaan Persiku,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.