Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Tak Terbukti Mencuri, 2 Pemuda yang Dikepung Warga di Pati Dilepas Polisi

MURIANEWS.com, Pati- Dua terduga pelaku pencurian di Desa Bendar, Kecamatan Juwana, Pati, EK (19) dan AG (18) warga Kecamatan Jaken, Pati, yang nyaris dihakimi masa, sudah dipulangkan oleh petugas kepolisian. Tindakan ini dilakukan karena mereka tak terindikasi sebagai pelaku pencurian.

Pihak kepolisian telah melakukan pemeriksaan terhadap dua pemuda itu, setelah berhasil mengevakuasinya dari kepungan warga pada Kamis (20/6/2019) malam.

Kapolsek Juwana AKP Eko Pujiyono mengatakan, dari pemeriksaan dan penyidikan petugasnya keduanya bukan pelaku pencurian seperti yang dituduhkan sebelumnya.

“Karena dari hasil pemeriksaan dan penyidikan tidak ditemukan bukti-bukti yang cukup, termasuk barang bukti lainnya. Untuk itu kami mengembalikan kedua remaja itu kepada keluarganya,” ujarnya, Sabtu (22/6/2019).

Meski dikembalikan kepada keluarganya, lanjut Eko Pujiyono, pihaknya meminta kedua remaja warga Desa Dukuhmulyo itu wajib lapor hingga batas waktu tertentu. Untuk wajib lapor ini mereka harus datang ke Mapolsek Juwana dua kali sepekan, pada setiap Senin dan Kamis.

“Namun kami tetap melakukan penyelidikan kasus pencurian yang menimpa korban” jelasnya.

Diketahui, peristiwa itu berlangsung sekitar pukul 22.00 WIB. Korban, yakni Sumiyati (46) pulang ke rumah selepas menonton pertunjukan dangdut di Lapangan Kali Sodo dekat rumahnya.

Sesampainya di rumah, korban membuka pintu kamar dan melihat jendela dalam keadaan rusak. Ia kemudian memeriksa uang dan perhiasannya yang ada dalam laci meja rias, ternyata sudah hilang.

Kemudian korban memberitahu anaknya telah kehilangan uang dan perhiasannya. Dan saat itu juga, anak korban menanyai seorang terduga pelaku yang berdiri di depan salah satu bengkel dekat rumahnya.

Baca: Dikepung Warga, 2 Terduga Pencuri di Pati Nyaris Dihakimi Massa

Terduga pelaku saat ditanyai anak korban mengaku tidak tahu terkait pencurian itu. Tak berlangsung lama, remaja itu meninggalkan korban dengan buru-buru dan berlari saat warga menerikinya maling.

Tapi warga berhasil mengejar dan mengamankan seorang terduga pencuri tersebut di Balai Desa Bendar. Warga yang mengetahui informasi itu kemudian mengepung balai desa, yang berniat untuk menghakimi kedua pelaku terduga pelaku pencurian itu.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...