MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Dataran Tinggi Dieng Kembali Membeku, Suhu Tembus Minus 5 Derajat

0 3.021

MURIANEWS.com, Banjarnegara – Suhu udara di Dataran Tinggi Dieng, Sabtu (22/6/2019) pagi kembali mencapai titik beku. Bahkan pagi ini merupakan yang paling dingin selama tahun ini, lantaran suhu mencapai minum 5 derajat celsius.

Sejak beberapa waktu terakhir, suhu udara di Dataran Tinggi Dieng memang sering turun ke titik beku. Embun es juga bermunculan, namun maksimal suhunya hanya menyentuh pada 1-3 derajat selsius. Baru pagi ini suhunya menembus angka 5 derajat.

Dengan suhu sedingin ini, memunculkan embun-embun salju di sejumlah titik. Salah satunya di kawasan Candi Arjuna yang terlihat memutih akibat embun salju.

Dikutip dari detik.com, Kepala UPT Pengelolaan Obyek Wisata Banjarnegara, Aryadi Darwanto, suhu udara turun hingga minus 5 derajat terjadi pada pagi hari.

Namun sejak dini hari sekitar pukul 01.00 WIB, suhu udara sudah mencapai 2 derajat celsius.

“Dini hari tadi, saya di Dieng mengukur suhu udara dan sudah minus 2 derajat celsius. Pasti paginya lebih dingin lagi, ternyata benar,” ujarnya.

Ia mengukur suhu udara menggunakan alat thermometer. Ia pun mengakui, jika suhu dingin pagi ini merupakan suhu yang paling rendah yang terjadi selama tahun 2019 ini,

“Sebelumnya sudah minus tetapi baru minus 1 derajat sampai minus 3 derajat. Kalau tahun sebelumnya pernah sampai minus 7 derajat celsius,” terangnya.

Meski demikian, suhu dingin di Dataran Tinggi Dieng diperkirakan tak akan berhenti untuk saat ini. Terlebih musim kemarau diperkirakan masih akan berlangsung hingga beberapa bulan ke depan.

Dan berdasarkan pengalaman menurut warga Dieng, embun es justru akan muncul lebih tebal pada bulan Agustus. Saat itu diprediksi juga menjadi puncak kemarau.

 

Penulis: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha
Sumber: detik.com

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.