Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Sekjen Kemendes PDTT Apresiasi Upaya Pemkab Blora Tekan Kemiskinan Lewat Baznas

0 29

MURIANEWS.com, Blora – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Blora memberikan bantuan usaha kepada 10 warga Desa Wado, Kecamatan Kedungtuban. Masing-masing penerima mendapat bantuan senilai Rp 6 juta.

Bantuan diberikan secara langsung oleh Sekretaris Jendral Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT)  Anwar Sanusi didampingi Wakil Bupati Blora Arief Rohman, perwakilan Baznas. Turut menyaksikan, Kepala Dinsos P3A Blora Indah Purwaningsih, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Hariyanto, dan Camat Kedungtuban,  Martono di Ballroom Java Same Hotel Kecamatan Cepu.

Dalam kesempatan itu,  Anwar Sanusi mengapresiasi terobosan Pemkab Blora dalam upaya pengentasan kemiskinan yang ada saat ini. “Ini terobosan bagus dan perlu dilakukan secara kontinyu guna mengentaskan angka kemiskinan,” ungkapnya.

Saar ini, lanjutnya, di desa-desa sedang tumbuh untuk mengubah nasibnya menjadi lebih baik. Untuk mendukung hal ini, pemerintah melalui Kemendes PDTT sudah lima tahun ini memiliki program yang namanya  dana desa.

“Setiap tahunnya pemerintah pusat terus mengucurkan dana untuk pembangunan desa dan jumlahnya selalu meningkat. Pada tahun pertama, dana desa Rp 280 juta per desa, dan tahun ini rata-rata Rp 990 juta per desa. Semoga tahun depan sudah diatas Rp 1 miliar,” sambungnya.

Wakil Bupati Arief Rohman dalam sambutannya mengatakan, dana bantuan bagi pedagang bakulan ini bersumber dari zakat, infak dan sedekah (ZIS), yang dihimpun dari aparatur sipil negara (ASN) muslim lingkup Pemerintah Kabupaten Blora dan diperuntukkan untuk membantu warga Blora.

“Bantuan Baznas ini kami gunakan untuk membantu masyarakat utamanya kurang mampu. Selain itu juga kami gunakan untuk membantu warga mengembangkan usahanya agar ekonominya meningkat,” katanya.

 

Reporter: Dani Agus

Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.