Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Napi Lapas Pati Kabur, Pengamat Hukum Kritik Lemahnya Pengawasan

MURIANEWS.com, Pati- Narapidana (napi) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Pati bernama Selamet Wibowo kabur pada Minggu (16/6/2019) lalu. Kondisi ini dinilai sebagai bentuk lemahnya pengawasan terhadap narapidana.

Kritik ini muncul dari pengamat hukum dari Pati, Maskuri, Kamis (20/6/2019). Menurut dia, ada banyak kemungkinan yang menyebabkan hal tersebut bisa terjadi. Salah satunya karena kurangnya pengawasan, karena minimnya jumlah petugas lapas.

“Bisa juga karena kelalaian petugas lapas. Tentu hal ini bisa diketahui setelah dilakukan pemeriksaan internal terhadap petugas yang bersangkutan,” katanya.

Dia juga mengatakan, jika di suatu lapas terdapat narapidana yang kabur, maka menjadi tanggung jawab khususnya adalah kalapas serta kepala pengamanan lapas. Jika nanti napi yang kabur tersebut ditemukan, dapat digali informasi terkait motif dan latar belakang dia kabur serta cara untuk kabur.

“Termasuk yang bisa digali adalah apakah ada pihak-pihak yang turut membantunya kabur,” ujarnya.

Dia melanjutkan, berdasarkan ketentuan pasal 11 ayat 1 dan 2 Permenkumham Nomor 33 Tahun 2015 yang mengatur pengamanan pada lapas dan rutan, menyatakan narapidana yang sedang menjalankan proses asimilasi mendapatkan pengawalan yang dilakukan oleh Satuan Pengamanan atas izin dari kepala lapas.

“Tinggal dilihat saja, apakah dalam proses pengawalan tersebut sudah sesuai SOP yang ada. Mudah-mudahan napi yang kabur dapat segera tertangkap,” katanya.

Baca juga:

Dia juga menekankan bahwa peristiwa ini hendaknya menjadi pelajaran berharga. Sehingga bisa menjadi bahan evaluasi bagi jajaran Lapas Pati untuk lebih meningkatkan aspek pengamanannya.

Diberitakan sebelumnya, Selamet Wibowo seorang narapidana yang tengah mengikuti proses asimilasi kabur. Napi kasus penipuan ini kabur dengan mengelabui petugas pengawas, saat ditugaskan untuk membeli obat dan pakan ternak di sekitar Pasar Puri.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...