MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Gaji Guru Honorer Kota Magelang Naik dari Rp 300 Ribu Jadi Setara UMK

0 953

MURIANEWS.com, Magelang – Para guru honorer dan guru tidak tetap (GTT) di Kota Magelang kini bisa bernafas lega. Pasalnya, pemerintah daerah menjamin kesejahteraannya. Para guru honerer yang sebelumnya mendapat honor sangat minim, kini dipastikan akan mendapat kesejahteraan yang cukup.

Pasalnya, Pemkot Magelang memberikan honor kepada mereka setara upah minimum. Seperti diketahui Upah Minimum Kota Magelang tahun 2019 ditetapkan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo sebesar Rp 1.707.000.

Nilai ini dianggap jauh lebih tinggi dari honor yang didapat pada guru honorer dan GTT di Kota Magelang selama ini. Bahkan Wali Kota Magelang Sigit Widyoninndito menyebut, ada guru honorer yang mendapatkan gaji hanya Rp 300 ribu.

“Saya tahu persis, dua tahun ini guru honrer gajinya pas-pasan. Ada yang Rp 300 ribu, Rp 400 ribu, paling tinggi Rp 800 ribu. Dan sekarang jadi Rp 1,7 juta,” katanya.

Kepastian ini juga disampaikan Sigit saat menghadiri halalbihalal dengan guru di Kota Magelang, Rabu (19/6/2019) kemarin. Menurut dia, kainakan honor ini ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan guru, dan sebagai bentuk apresiasi dari pemerintah.

Dalam satu tahun menurut dia, Pemkot Magelang menggelontorkan dana hingga Rp 3 miliar untuk keperluan ini. Terutama untuk para guru honorore dan GTT di tingkat sekolah dasar (SD).

Dengan ini pihaknya pun meminya komitmen para guru untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan. Hal ini pun sesuai dengan visi Kota Magelang sebagai

Ia pun berpesan kepada mereka agar terus bersemangat dan berkomitmen membawa anak-anak menuju kebaikan. sebagai kota jasa yang modern dan cerdas, dilandasi masyarakat sejahtera dan religius.

Sektor pendidikan merupakan salah satu ujung bidang jasa/pelayanan yang menjadi andalan Kota Magelang.

”Setiap Senin saya kdatang ke sekolah-sekoalh menjadi pembinca upaca. Alhamdulillan para guru ini sudah baik, dan berkomitmen mendidik anak,” terangnya.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.