Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Sunan Kuning Semarang Ditutup, Ratusan PSK Bakal Dipulangkan

0 822

MURIANEWS.com, Semarang – Pemerintah memastikan akan menutup total Resosialisasi Argorejo atau Sunan Kuning di Kota Semarang pada 15 Agustus 2019. Para warga binaan atau pekerja seks komersial di lokalisasi itu akan dipulangkan ke daerahnya masing-masing.

Pasalnya, sebagian besar penghuni lokalisasi terbesar di Jawa Tengah itu bukan berasal dari Kota Semarang, melainkan dari berbagai daerah di Jateng bahkan di luar Jateng.

Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang mendata, saat ini jumlah warga binaan di resosialisasi itu sebanyak 449 orang. Ratusan orang ini nanti yang akan dipulangkan ke daerahnya.

“Sudah ada databasenya, tidak bisa diubah-ubah,” kata Kepala Dinas Sosial Kota Semarang Muthohar dilansir Antara.

Menurut dia, jika nantinya saat pemulangan jumlahnya melebihi yang sudah terdata, maka dipastikan mereka merupakan warga baru Sunan Kuning. Ia menuturkan jika memang terdapat tambahan warga Sunan Kuning yang harus dipulangkan ke daerahnya masing-masing, Pemerintah Kota Semarang tidak akan tutup mata.

Ia menjelaskan, Pemkot Semarang telah menyiapkan para warga binaan Sunan Kuning yang akan dipulangkan sejak jauh hari. Penyiapan tersebut antara lain pelatihan keterampilan yang sudah dilakukan sejak 2017.

“Pemulangan tidak dilakukan begitu saja. Saat pulang nanti harus bisa hidup, bisa bermanfaat,” ujarnya.

Baca: 

Selain itu, para warga binaan yang akan dipulangkan itu nantinya akan mendapatkan tali asih dari pemerintah. Namun besaran tali asih itu hingga kini belum ditentukan.

Ia menyebut pemerintah pusat dan Pemerintah Kota Semarang sudah mengalokasikan anggaran untuk hal itu.

Diberitakan sebelumnya Sunan Kuning akan ditutup total pada 15 Agustus 2019 mendatang. Proses penutupan akan dimulai dengan membongkar gerbang lokalisasi itu pada akhir Juni.

Lokasi bekas resosialisasi itu nantinya akan dijadikan kampung tematik dan menjadi tempat wisata kuliner baru di Kota Semarang.

 

Penulis: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha
Sumber: Antara

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.