Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Gus Yasin Jadi Presenter Berita Dadakan, Pakai Bahasa Ngapak

0 59

MURIANEWS.com, Semarang – Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen, menjadi presenter berita dadakan, Rabu (19/6/2019). Tak hanya sekadar membacakan berita biasa, Taj Yasin menggunakan dialek Bayumasan atau ngapak dalam membacakan berita.

Wagub yang akrab disapa Gus Yasin ini membacakan berita dalam Studio Mini kompleks Kantor Gubernuran, dalam rangka peringatan Hari Penyiaran Nasional ke-68.

Seperti diketahui, Gus Yasin besar di pantura timur, tepatnya di Lasem, Kabupaten Rembang. Otomatis, ketika ia membawakan berita dengan dialek Ngapak, maka terlihat lucu.

Bahkan Gus Yasin juga mengakui sangat sulit bertutur dengan dialek ini, apalagi dituturkan dengan gaya seorang presenter membacakan berita. Apalagi ini merupakan pengalaman pertamanya membawakan berita.

“Ternyata, menjadi pembawa acara di depan kamera, membaca berita dengan Bahasa Jawa (ngapak) itu sulite pol (sulit sekali),” katanya.

Siaran berita berbahasa Ngapak tersebut, menurutnya, menunjukkan bahwa Jawa Tengah kaya ragam Bahasa Jawa dan dialektikanya. Dia berharap, melalui kekayaan ragam bahasa yang disiarkan media massa, akan menjadi sarana pemersatu masyarakat.

“Begitu banyak ragam Bahasa Jawa dan dialektikanya sehingga saya berharap bisa menyatukan Jawa Tengah. Jika warga Jawa Tengah dari Banjarnegara, Purbalingga, Purwokerto bertandang ke Jawa Tengah bagian timur, bisa saling memahami. Tidak ada komunikasi yang menyakiti perasaan,” paparnya.

Sementara itu, Wakil Ketua KPID Jateng Asep Cuwantoro mengemukakan, dialek Ngapak dipilih untuk siaran berita, karena ingin memperkenalkan Bahasa Ngapak di tingkat nasional bahkan internasional. Apalagi, dialek ini sebenarnya disukai masyarakat.

Pihaknya mencontohkan, program siaran tiga bocah ngapak yang selalu mendapatkan jutaan subscriber ketika diunggah di Youtube. Ada pula artis yang terkenal dengan Bahasa Ngapak. Seperti Parto Patrio, Cici Tegal dan Kartika Putri.

“Yang seperti ini akan kita angkat terus. Kita membudayakan lokalitas yang bisa mempersatukan dan merekatkan masyarakat,” pungkasnya.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.