Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Air Bendungan Logung Dikuras Pekan Ini

0 328

MURIANEWS.com, Kudus – BBWS Pemali-Juana berencana menguras air Bendungan Logung, akhir pekan ini. Hal ini dilakukan untuk memporelah sertifikasi impounding yang harus dimiliki sebuah bendung.

Kepala Satker Pembangunan Bendungan BBWS Pemali-Juana, Ign Carya Andi menjelaskan, sesuai jadwal, pengosongan akan dimulai pada pekan ketiga pada bulan Juni, atau tepatnya pekan ini. Pengosongan air akan membutuhkan waktu sekitar tiga bulan.

“Targetnya pada Oktober sudah mencapai titik dasar,” ucapnya.

Pasca dikosongkan, pengecekan pada badan bendung serta konstruksi bangunan lain di area logung akan dilakukan. Tujuannya mengevaluasi kinerja bendung terkait penampungan air dan resistensinya.

“Akan dievaluasi secara keseluruhan,” kata Carya.

Baca Juga:

Pengosongan Logung juga akan digunakan untuk irigrasi pada Masa Tanam II serta berbagai lahan lain yang mendapat aliran dari Logung melalui eksisting saluran irigrasi logung. Yang kini telah berjumlah sekitar 2500-an eksisting.

“Digunakan untuk irigrasi di Kudus,” lanjutnya.

Oleh karena itu pihaknya meminta tidak ada kegiatan apapun di seputaran bendung. Terutama pada badan bendung yang kerap digunakan untuk obyek wisata perahu dadakan. Mengingat pengosongan membutuhkan kondisi steril.

“Jika ada kegiatan akan mengganggu pengosongan,” jelasnya.

Selain sertifikasi impounding, sertifikasi operasional bendung juga akan dilakukan. Oleh karena itu pihaknya mengharap masyarakat terutama para penyedia jasa perahu untuk memberhentikan kegiatannya sementara waktu.

“Untuk kelancaran bersama, kami mohon untuk menghentikan sementara kegiatannya,” pinta Carya.

Pasalnya segala jenis kegiatan akan berimbas pada sertifikasi bendung. Terutama jika terjadi hal yang tak diinginkan, maka sertifikasi terancam tak dikeluarkan.

“Sekali lagi kami mohon pengertiannya,” tandas Carya.

Sebelumnya, Pemkab Kudus telah mengambil sikap terkait keberadaan wisata perahu di logung. Pemkab dengan tegas melarang dan memohon kepada para penyedia jasa kapal untuk memberhentikan sementara usahanya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.