MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Polisi Magelang Bekuk Komplotan Bobol ATM yang Beraksi Pakai Mesin Las

0 167

MURIANEWS.com, Magelang – Jajaran Satreskrim Polres Magelang Polres Magelang berhasil membekuk komplotan pembobol ATM yang beraksi mencoba menguras mesin ATM Bank Jateng di wilayah Pakis, Magelang,  Mei 2019 lalu. Penangkapan berawal dari salah satu pelaku yang terekam kamera CCTV.

Dalam rekaman tersebut pelaku terlihat membongkar brangkas mesin ATM menggunakan mesin las. Empat orang pelaku berhasil ditangkap, sementara satu pelaku lain masih buron.

Para pelaku juga diketahui sebagai kelompok perampok dan pencurian kendaraan bermotor.

Kapolres Magelang AKBP Yudiantoro Adhi Nugroho mengatakan, dari empat pelaku dua orang diamankan di Polres Magelang dan dua pelaku lain di Polres Semarang atas kasus yang sama.

“Kita berhasil menangkap dua orang pelaku. Mereka melakukan percobaan pembobolan ATM Bank Jateng di Pakis. Brankas ATM mereka coba bobol menggunakan alat las,” katanya, Rabu (19/6/2019).

Menurut kapolres, salah satu pelaku diketahui pernah mempunyai keahlian untuk mengelas, dan menggunakan mesin itu untuk membobol ATM.

Dalam aksinya, pelaku terdiri lima orang yakni Sigit Purnomo (28), warga Dusun I, Desa Adirejo, Kecamatan Jabung, Kabupaten Lampung Timur dan Rustanto alias Kento (34), warga Dusun Susukan, Desa Sukoharjo, Kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang.

Sedangkan dua pelaku lainnya, Ibnu Wahyudi (27), warga Dusun III, Desa Adirejo, Kecamatan Jabung, Kabupaten Lampung Timur dan Juvan Bahri (32), warga Kecandran, Kecamatan Sidomukti, Kota Salatiga, keduanya diproses dalam kasus serupa di Polres Semarang.

“Satu pelaku lagi, YD dinyatakan masih buronan atau DPO. Untuk itu, sekarang dua pelaku diproses Polres Magelang, dua pelaku lain diproses di Polres Semarang dan seorang masih buron,” ujarnya.

Ia menyebut, kasus tersebut terungkap setelah, petugas mendapati laporan adanya curanmor di RSU Syubbanul Wathon Tegalrejo. Polisi kemudian melakukan penyelidikan, pada saat bersamaan ada kejadian kasus percobaan pencurian ATM Bank Jateng.

“Saat kita lidik, kita dapatkan informasi ternyata pelaku ini merupakan pelaku yang sama. Kita pun bekerja sama dengan Polres Semarang dan Polres Tegal melakukan penangkapan di daerah Tegal,” terangnya.

Selain membobol ATM, komplotan itu ternyata juga melakukan kejahatan lain yaitu perampokan dan pencurian kendaraan bermotor. Mereka terdata beraksi di beberapa lokasi.

Yakni tiga aksi curanmor di Kabupaten Tegal, lima curanmor di Kabupaten Semarang, satu TKP curat di Kabupaten Boyolali, satu TKP curas di Pabelan. Kabupaten Semarang dan satu TKP curat di Indomaret Ungaran.

Sementara itu, Kasatreskrim Polres Magelang, AKP Bayu Puji Hariyanto, mengatakan polisi berhasil mengungkap identitas pelaku dari rekaman CCTV di ruang ATM.

Sementara itu, salah seorang pelaku, Sigit Purnomo mengaku, diajak oleh kawannya YD untuk melakukan pembobolan ATM.

Ia mengakui telah melakukan pembobolan ATM sebanyak dua kali di wilayah Ungaran dan Magelang, tetapi tak pernah berhasil membobol brankas ATM. “Saya cuma diajak teman. Beraksi telah dua kali, namun selalu gagal,” pungkasnya.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.