MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Banyak Pelajar Tanpa SIM di Pati Nekat Pakai Motor, Dishub Lakukan Ini

0 121

MURIANEWS.com, Pati – Tingkat kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pelajar di Kabupaten Pati cukup tinggi. Ini disebabkan para pelajar kurang memahami tentang keselamatan berlalu lintas.

Selain itu banyak pelajar yang belum memiliki surat izin mengemudi (SIM) tapi sudah nekat membawa kendaraan bermotor di jalanan. Termasuk saat berangkat ke sekolah.

“Hal ini dikarenakan banyak pelajar yang belum memiliki SIM diberikan kendaraan oleh orang tuanya,” kata Kepala Bidang Pengendalian dan Operasi Dishub Pati, Heri Purnomo, Selasa (18/6/2019).

Untuk menekan hal ini, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pati bersama pihak terkait melakukan edukasi tentang keselamatan berlalu lintas kepada para pelajar. Mereka menggandeng sejumlah sekolah, dan menggelar edukasi lalu lintas di SMA N 1 Juwana.

Pihaknya juga telah melakukan pemilihan pelajar dan pelopor keselamatan lalu lintas tingkat kabupaten Pati. Tujuannya agar para pelajar memahami peraturan mengendarai kendaraan di jalan raya.

Sesuai dengan UU Lalu Lintas Nomor 22 Tahun 2009, setiap pengguna jalan wajib berperilaku tertib, mencegah adanya gangguan keamanan, ketertiban dan kenyamanan berlalulintas. Selain itu, pengemudi wajib mematuhi rambu-rambu lalu lintas.  “Pengemudi kendaraan harus komitmen terhadap keselamatan berlalu lintas,” ujarnya.

Heri mengakui, masih banyak masyarakat yang kurang peduli terhadap aturan berlalu lintas. Hal itu mejadi persoalan bersama, serta klasik yang harus dibenahi di Bumi Mina Tani ini. Ke depan, pihaknya akan lebih meningkatkan penjagaan dan pengaturan lalu lintas.

“Yang terpenting, kita mulai dari adik-adik siswa sekolah ini. Kami terus melakukan giat di beberapa sekolah dan mencari pelajar pelopor lalu lintas dan angkutan jalan,” terangnya.

Dalam serangkaian kegiatan itu, dishub akan mencari satu pelajar pelopor yang nantinya akan mewakili Kabupaten Pati di tingkat provinsi.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.