Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

PPDB SMP, Sekolah Unggulan di Kudus Kebanjiran Pendaftar dari Jalur Prestasi

0 234

MURIANEWS.com, Kudus – Siswa pendaftar Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP di Kabupaten Kudus melalui jalur prestasi membanjiri sejumlah sekolah unggulan. Jumlahnya bahkan melebihi kuota yang disediakan, yakni 5 persen dari jumlah peserta didik yang diterima.

Suyanto, Ketua PPDB SMP 1 Kudus menjelaskan, hari pertama pembukaan PPDB, pendaftar jalur prestasi di sekolahnya sudah di angka 63 peserta. Sedang kuota yang disediakan untuk jalur prestasi hanya berjumlah 12 orang saja.

“Terjadi peningkatan pada pendaftar jalur prestasi,” ucapnya.

Sedang pada jalur perpindahan orang tua masih sepi pendaftar. Yakni hanya berjumlah 4 pendaftar saja. Fenomena tersebut bisa saja membuat jumlah kuota pada jalur prestasi di SMP 1 Kudus diberi tambahan. Mengingat untuk dua jalur tersebut pihaknya menyediakan slot 24 siswa.

“Jadi jika jalur perpindahan sepi pendaftar, bisa dialihkan ke jalur prestasi,” kata Suyanto.

Hanya, pihaknya sedikit menyayangkan kurangnya kejelian dari orang tua dalam melihat peluag zonasi yang diterapkan. Pasalnya beberapa sisa yang mendaftar melalui jalur prestasi sebenarnya masuk dalam lingkup zonasi dan berpeluang diterima hingga 90 persen.

Baca Juga: 

“Daripada harus berebut jalur prestasi yang hanya 5 persen saja harusnya mereka bisa mendaftar sesuai zonasi,” terang Yanto.

Hal tersebut terjadi karena siswa ataupun wali murid masih berpatokan pada nilai dan prestasi. Padahal sistem PPDB tahun ini sudah tidak mementingkan dua unsur tersebut dan lebih menekankan pada zonasi.

“Jadi memang cukup disayangkan, tapi semua sudah menjadi keputusan mereka (peserta didik, red),” ucap Yanto.

Hal yang sama juga terjadi pada PPDB jalur prestasi di SMP 2 Kudus. Rifai, Ketua PPDB SMP 2 Kudus mengatakan jumlah pendaftar jalur prestasi di sekolahnya kini mencapai 34 peserta. Sedang pada jalur perpindahan masih kosong pendaftar.

“Jika tak ada pendaftar maka kuota akan dialihkan ke jalur prestasi semua,” terangnya.

Pendaftar pada jalur prestasi juga kebanyakan didominasi oleh siswa pada yang sebenarnya ada pada ruang lingkup zonasi. Dengan peluang diterima lebih dari 80 persen.

Rifai mencontohkan, salah seorang siswa yang rumahnya berjarak 0,3 kilometer dari SMP 2 Kudus sebenarnya berpeluang masuk lebih besar melalui jalur zonasi. Namun malah mendaftar jalur prestasi yang peluangnya lebih sedikit.

“Kami hanya menjalankan mekanisme, semua tergantung keinginan peserta didik sendiri,” tandasnya.

Pengumuman hasil PPDB jalur prestasi dan perpindahan tugas orang tua sendiri akan dilakukan sore ini pukul 16.00 WIB secara online dan offline di masing-masing sekolah.

Seperti yang diketahui sebelumnya, PPDB tingkat SMP dibuka melalui tiga jalur penerimaan. Yakni jalur zonasi, jalur prestasi dan jalur perpindahan tugas orang tua/wali.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.