Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bangkai Kapal di Sungai Juwana Tak Terurus, Nelayan Cukrik yang Kena Dampak

0 358

MURIANEWS.com, Pati- Puluhan bangkai kapal berukuran besar atau kapal yang sudah tidak aktif memenuhi Sungai Juwana, Pati, di kompleks Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Kondisi ini menyebabkan proses tambat labuh kapal menjadi terganggu.

Apalagi pada saat air pasang, kapal-kapal tersebut dapat menutupi badan sungai, sehingga kapal lain sulit untuk melintas. Kondisi bangkai kapal itu seolah tak terurus dan dibiarkan begitu saja oleh pemiliknya.

Kasatpol Air Polres Pati Iptu Sutamto mengatakan, ada puluhan bangkai kapal atau kapal yang sudah tidak beroperasi, tetapi masih parkir di sekitar TPI. Tentunya hal itu sangat mengganggu kapal lain apabila keluar masuk ke TPI.

“Pertengahan puasa kemarin, banyak kapal tidak aktif yang berada di badan sungai. Sementara para nelayan perahu cukrik tidak bisa lewat. Kan kasihan nelayan kecil itu,” katanya, Selasa (18/6/2019).

Dirinya menilai, ada banyak nahkoda maupun pemilik kapal yang bandel dan parkir sembarangan. Padahal, sungai Juwana itu adalah fasilitas umum, yang lewat tidak hanya kapal besar, tetapi juga kapal-kapal kecil.

“Kalau nelayan cukrik itu kan sekali berangkat langsung pulang. Nah, biasanya, saat pulang dia harus menyusuri jalur-jalur sempit di antara kapal besar yang parkir sembarangan itu,” ujarnya.

Pihaknya mengaku sudah mengimbau kepada para pemilik kapal yang sudah tidak aktif, agar memindahkan kapalnya.

Bahkan, tempat pemindahan juga sudah disediakan, yakni di sebelah utara Pulau Seprapat atau menuju muara. Namun masih banyak yang membandel.

“Kalau di sana (utara Pulau Seprapat) tidak akan mengganggu lalu lintas kapal lainnya. Kami harap para pemilik bangkai kapal itu sadar dan segera memindahkan kapalnya,” pungkasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.