Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Sampah di Sungai Silugonggo Ganggu Arus Lalu Lintas Kapal

0 73

MURIANEWS.com, Pati- Banyaknya sampah di sepanjang Sungai Silugonggo Pati, tepatnya di sekitar Pelabuhan Perikanan Bajomulyo, Juwana, membuat arus lalu lintas kapal semakin tersendat. Apalagi, sungai tersebut merupakan jalur utama ke luar masuk kapal-kapal besar.

Kepala Pelabuhan Perikanan Bajomulyo Saptini Mumpuni mengatakan, ada banyak sampah di sepanjang Sungai Silugonggo. Menurut dia, sampah-sampah tersebut akan sangat mengganggu arus lalu lintas jia tak dibersihkan.

“Yang paling banyak memang sampah rumah tangga. Warga setempat masih banyak yang membuang sampah di sungai,” katanya, Selasa (18/6/2019).

Selain sampah rumah tangga, ia juga menyebut ada enceng gondok yang turut menyumbat aliran sungai. Sehingga, membuat sungai menjadi bau dan tak nyaman.

“Sebelumnya kami juga sudah membersihkan sampah-sampah di sepanjang Sungai Silugonggo ini. Tetapi, setelah tiga bulan berlalu, sampah kembali berserakan,” ujarnya.

Sementara itu, Kasatpol Air Polres Pati AKP Sutamto mengatakan, banyaknya kayu dari proses perbaikan kapal juga salah satu penyebab banyaknya sampah. Belum lagi jika ada kapal yang melakukan pengecatan, rata-rata kaleng cat di buang di sungai.

“Berkali-kali sudah kami imbau, sungai ini adalah milik kita bersama, sudah sepatutnya apabila kita jaga dan kita bersihkan. Tetapi terkadang mereka juga masih membuang sampah sembarangan,” ungkap Tamto.

Pihaknya berharap, baik para nelayan, pemilik kapal maupun warga setempat dapat menjaga kebersihan sungai.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.