Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kuota 5 % Luar Zonasi PPDB, Siapa Cepat Dia Dapat

0 588

MURIANEWS.com, Jepara- Masyarakat Jepara diminta untuk tetap tenang terkait dengan penerapan sistem baru yang diterapkan dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) saat ini. Masyarakat juga dinilai masih banyak yang keliru mengartikan sistem zonasi dalam PPDB.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Jepara, Agus Tri Harjono menyatakan, penerapan sistem ini memiliki beberapa tujuan. Di antaranya yakni pemerataan kualitas sekolah, dan memberikan kesempatan kepada semua anak untuk bisa bersekolah.

Dengan sistem ini, sekolah dan para guru harus bisa membuktikan bahwa mereka memang bisa mencerdaskan masyarakat. Karena selama ini sekolah-sekolah favorit selalu diuntungkan dengan input siswa dari kalangan yang bekemampuan akademik bagus.

Sementara sekolah-sekolah yang lain, harus menghadapi tantangan lebih berat karena input siswanya hanya berkemampuan biasa.

“Selama tiga tahun ke depan, sekolah dan para guru yang ada di dalamnya harus bisa membuktikan bahwa mereka benar-benar memiliki kemampuan manajerial dan kualitas untuk membuat siswa menjadi cerdas. Arahnya seperti itu,” ujar Agus Tri Harjono, Senin (17/6/2019).

Ia menilai, informasi mengenai sistem baru PPDB juga harus dipahami secara benar oleh masyarakat dan semua pihak terkait.  Sesuai aturan, kuota untuk jalur zonasi adalah 90 %. Artinya mereka yang tinggal di dekat lokasi sekolah mendapat prioritas utama untuk diterima.

Jalur zonasi yang menyediakan kuota 90 % dari daya tampung ini, didasarkan pada jarak dan bukan wilayah administratif.

Baca: Sistem Zonasi PPDB SMP di Jepara Bikin Wali Murid Stres Carikan Sekolah

Sedangkan untuk kuota 5 %  diperuntukan bagi jalur prestasi.  Sementara untuk jalur mutasi lintas wilayah disediakan kuota 5 %. Dari dua jatah atau kuota ini siapa yang mendaftar paling cepat yang akan diuntungkan.

“Untuk kuota 5 % jalur prestasi dan 5 % jalur mutasi memang ditentukan siapa yang cepat mendaftar. Namun tetap ada pengawasan dari Dinas dalam hal ini,” terangnya.

Disdikpora Jepara memastikan akan terus menginformasikan mengenai daya tampung sekolah. Sekolah-sekolah mana saja yang masih mampu menampung dan mana yang sudah terpenuhi kuotanya, akan disampaikan kepada masyarakat.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.