Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Revitalisasi Tahap II Dimulai, Bundaran Simpanglima Purwodadi Bakal Ditutup Terpal Lagi

0 175

MURIANEWS.com, Grobogan – Proyek revitalisasi bundaran simpanglima Purwodadi tahap II sudah mulai dilakukan, sejak beberapa hari lalu. Dari pantauan di lokasi, sejumlah dump truk sudah keluar masuk kawasan bundaran untuk membongkar tanah uruk. Tampak pula satu alat berat yang meratakan tanah uruk yang sudah diturunkan dari atas truk.

Di sisi utara bundaran, sejumlah pekerja sedang memasang terpal penutup. Terpal putih yang dipasang tingginya sekitar 2 meter. Nantinya, terpal ini akan dipasang pada sekeliling bundaran.

Meski ada pemasangan terpal, namun warga masih bisa melakukan aktivitas olahraga di kawasan bundaran simpanglima. Terpal penutup itu dipasang pada batas dalam pekerjaan proyek revitalisasi tahap I atau di luar kawasan yang sudah dipakai jogging sejak beberapa bulan lalu.

“Terpal penutupnya dipasang pada bagian dalam. Jadi, tidak mengganggu aktivitas masyarakat yang akan olahraga atau bersantai di bundaran simpanglima,” Kabid Tata Lingkungan pada Dinas Lingkungan Hidup Grobogan Tri Retno Indriati, Sabtu (15/6/2019).

Ia menjelaskan, pada tahun 2019 ini, akan dilanjutkan lagi proyek revitalisasi tahap II dengan anggaran Rp 6,1 miliar.

Pekerjaan pada tahap II lelangnya dimenangkan CV Bella dari Semarang dengan nilai penawaran Rp 5,9 miliar. Untuk pekerjaan tahap II ditarget rampung selama 180 hari hingga 18 November 2019.

Menurut Indri, pekerjaan pada tahap II adalah menata kawasan bundaran simpanglima sebelah dalam hingga batas tower air milik PDAM yang berada tepat di tengah lokasi dan pematangan lahan sampai level 80 centimeter dari level 0 jalan.

Selanjutnya, pada sisi dalam bundaran akan dibuatkan belasan taman lingkar dan tempat untuk bersantai, swa foto serta sejumlah fasilitas lainnya. Selain itu ada pekerjaan pembersihan dan penataan lampu untuk tower simpanglima.

Indri menambahkan, pekerjaan revitalisasi bundaran simpanglima direncanakan dilakukan dalam dua tahap. Pada tahap I tahun lalu, kawasan simpanglima didesain dengan taman dalam, pedestrian taman, dan pembuatan drainase dengan sistem U-Ditch, pematangan lahan sampai level 80 centimeter dari level 0 jalan.

Areal yang dikerjakan pada tahap I ini selebar sekitar 19 meter. Adapun anggaran revitalisasi tahap I sekitar Rp 4,8 miliar.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.